Menstruasi.com by Laurier
Laurier V Care Expert

Telat datang bulan

Telat datang bulan

31 Jul 2022

E

31 Jul 2022

Hallo dok Maaf dok, saya ada masalah. Sebelumnya saya blm pernah telat datang bulan,tetapi bulan ini saya telat datang bulan itu knpa ya dok? Dan saya harus apa agar bisa datang bulan

User
02 Aug 2022

Halo, terima kasih sudah bertanya dengan dr. Laurier.

Untuk menjawab kekhawatiran kamu mengenai siklus menstruasi, yuk sama-sama cek terlebih dahulu mengenai hal ini. Sebelumnya kalau boleh tahu, sudah berapa lama kamu mengalami keterlambatan menstruasi? Siklus menstruasi yang normal adalah 21 – 35 hari dengan durasi 2 – 10 hari, dengan catatan 3 hari terakhir biasanya hanya berupa flek atau darah tidak keluar terlalu banyak.

Siklus menstruasi seharusnya sudah teratur dengan sendirinya jika umurmu sudah lebih dari 20 tahun. Keterlambatan menstruasi masih terhitung wajar jika tidak lebih dari 3 bulan sejak menstruasi sebelumnya. Bila lebih dari 3 bulan, maka kemungkinan terjadi gangguan hormon, struktur pada rahim atau gangguan fungsi pada ovarium.

Jika umurmu lebih dari 20 tahun, menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan karena beberapa hal, yaitu: berat badan yang meningkat/menurun pesat, gangguan pola makan, stres, ataupun gejala awal terjadinya suatu gangguan di indung telur.

Untuk memastikan siklus menstruasimu normal, pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan baik, menghindari stress, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga. Semoga informasi ini dapat membantu untuk menjawab pertanyaanmu ya.

Salam,

dr. Laurier

All Things Period
Period Facts

Cari tahu berbagai informasi seputar menstruasi di sini.

Adulthood

Break the taboo! Kenali lebih dalam mengenai kesehatan reproduksi dan juga tubuhmu.

First Timer

Sex education untuk kamu yang beranjak dewasa.

Motherhood

Seputar kehamilan, masa subur, dan tips edukasi menstruasi untuk para Ibu.

Body & Mind
Healthy Body

Kesehatan merupakan hal utama agar bisa menikmati hidupmu secara maksimal.

Healthy Mind

Feeling underwhelmed during your period? Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.