menstruasi tidak lancar

PERTANYAAN
A
menstruasi tidak lancar
04 April 2024

halo dok, saya remaja umur 18 tahun, jadi baru baru ini saya ikut kegiatan donor darah sukarela di sekolah, setelah melakukan donor darah siklus menstruasi saya jadi terlambat kadang 2 bulan sekali pernah juga hampir 3 bulan, setelah itu 2 hari yang lalu keluar flek kecoklatan tapi sangat sedikit dan juga keluar nya sekitar 6 jam sekali. nah terus semalam sekitar jam set 2 saya bangun dan buang air kecil ternyata keluar bercak darah lumayan banyak tetapi tadi pagi saya cek tidak keluar bercak darah lagi. jika begitu apa itu sudah termasuk darah menstruasi atau bukan dok?

Siklus Menstruasi
Jawaban
logo image
dr. Laurier
04 April 2024

Halo, terima kasih ya sudah bertanya ke dr. Laurier!

Apakah setelah flek tersebut, hari-hari selanjutnya kamu masih mengalami flek? Jika iya, maka flek yang keluar tersebut bisa saja termasuk menstruasi. Siklus menstruasi rata-rata perempuan adalah 28 hari. Tetapi siklus menstruasi bisa lebih pendek atau sebaliknya lebih panjang dari siklus rata-rata itu. Jadi, siklus menstruasi kita bisa jadi gak sama, alias lebih panjang atau lebih pendek dibandingkan teman lain.

Siklus menstruasi yang normal adalah 21 – 35 hari dengan durasi 2 – 10 hari. Namun, dengan catatan 3 hari terakhir biasanya hanya keluar flek atau darah tidak keluar terlalu banyak. Keterlambatan menstruasi masih terhitung wajar jika tidak lebih dari 3 bulan sejak menstruasi sebelumnya. Bila lebih dari 3 bulan, maka kemungkinan terjadi gangguan hormon, struktur pada rahim atau gangguan fungsi pada ovarium.

Jika umurmu kurang dari 20 tahun, wajar saja bila siklus menstruasi berubah-ubah karena tubuhmu masih mengalami proses pertumbuhan fisik yang dikenal sebagai masa puber. Di saat ini, seluruh sistem tubuhmu masih mengalami proses penyempurnaan. Demikian halnya juga dengan sistem reproduksi yang belum menghasilkan kadar hormon reproduksi secara seimbang, sehingga belum bisa mengatur menstruasi secara teratur.

Sedangkan, jika umurmu lebih dari 20 tahun, menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan karena beberapa hal, yaitu: berat badan yang meningkat/menurun pesat, gangguan pola makan, stres, ataupun gejala awal terjadinya suatu gangguan di indung telur.

Sebagai solusinya, siapkan pembalut 5-7 per hari dan ganti pembalut 4 jam sekali. Selalu cuci bersih area kewanitaan dan keringkan dengan tissue/lap sebelum menggunakan celana dalam. Selain itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan baik, menghindari stress, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga agar menstruasimu tetap teratur. Jika diperlukan, kamu juga bisa periksakan diri ke dokter kandungan agar mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai kondisimu.

Semoga informasi ini dapat membantu untuk menjawab pertanyaanmu, ya. Apabila ada pertanyaan yang ingin ditanyakan lagi seputar menstruasi dan kesehatan alat reproduksi lainnya, jangan sungkan untuk bertanya, ya.

Salam,
dr. Laurier

Share now :

Pertanyaan terkait lainnya

S
Siklus menstruasi

Dok, kenapa saya tidak menstruasi lagi selama 1 tahun ini? saya masih 14 tahun, dan saya juga tidak melakukan apapun..

Siklus Menstruasi
14 June 2024
Lihat Jawaban
T
Mensturasi

2bulan mens 3x apa normal? Yang ke 2 dan ke 3 jaraknya cuma 9 hari

Siklus Menstruasi
07 June 2024
Lihat Jawaban
S
Pengaruh Terhadap Menstruasi

Halo dok, mau tanya dong. Ada 3 pertanyaan nih : 1. Apakah junkfood mempengaruhi siklus mentruasi, seperti mens lebih cepat dari jadwal atau mens menj...

Siklus Menstruasi
05 June 2024
Lihat Jawaban
F
Telat Haid

dok saya haid terakhir tanggal 22 April, tapi sampe tanggal 28 mei saya belom haid, saya tidak pernah aneh2, apakah itu masih normal? saya khawatir sa...

Siklus Menstruasi
28 May 2024
Lihat Jawaban