PERTANYAAN
V
Haid
22 May 2022

Halo asalamualaikum jadi saya mau nanya kalo haid di umur 10 tahun sudah biasa

Menstruasi
Jawaban
logo image
dr. Laurier
24 May 2022

Hai, terima kasih sudah bertanya dengan dr. Laurier! Kalau kamu di umur 10 tahun sudah menstruasi, itu hal yang wajar dan normal kok. Menstruasi pertama kali atau menarche bisa terjadi di umur 11-14 tahun walaupun memang ada beberapa anak perempuan yang menstruasi lebih cepat di umur 9 tahun atau paling lama di umur 15 tahun. Anak yang mengalami menstruasi lebih cepat di bawah umur 9 tahun, dapat dikategorikan sebagai pubertas prekoks atau puber yang terlalu dini dan kalau lebih lambat dari 15 tahun, ada baiknya konsultasikan dengan dokter kandungan, ya. Jadi jangan worry kalau kamu menstruasi di umur 10 tahun. Nggak perlu keburu cemas duluan dan pastikan pilih pembalut yang cocok ya. Sebagai referensi pembalut yang aman, silakan lihat produk pembalut dari Laurier di https://menstruasi.com/ProductCatalog. Jangan lupa juga untuk mengganti pembalut 4-6 kali dalam sehari atau lebih jika darah menstruasi sedang banyak-banyaknya. Semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan yang ingin ditanyakan lagi seputar menstruasi dan kesehatan alat reproduksi lainnya, jangan sungkan untuk bertanya dr. Laurier ya. Kamu juga dapat melihat informasi seputar menstruasi dan kewanitaan lainnya di menstruasi.com. Salam, dr. Laurier

Share now :

Pertanyaan terkait lainnya

B
ngga haid selama hampir 6 bulan

udah hampir 6 bulan nggak menstruasi. aku belum nikah dan nggak pernah berhubungan badan. udah bilang ke ibu buat periksa aja tapi katanya itu siklus ...

Menstruasi
20 June 2024
Lihat Jawaban
N
Haid tidak teratur

Saya sudah berumur 22 tahun. Dulu haid saya tergolong lancar atau kalau mundur beberapa hari saja. Akan tetapi, beberapa bulan terakhir tuh tiba-tiba ...

Menstruasi
19 June 2024
Lihat Jawaban
F
Siklus menstruasi tidak teratur

Halo dok izin bertanya saya belum menstruasi selama hampir 2 bulan, terakhir menstruasi tgl 19 April bagaimana ya dok untuk mengatasi agar segera mens...

Menstruasi
19 June 2024
Lihat Jawaban
P
Siklus menstruasi

dok, 4 bulan terakhir ini periode menstruasi saya berubah dulunya periodenya per 25 hari tapi sekarang jadi per 32 hari. Namun semenjak terjadi peruba...

Menstruasi
19 June 2024
Lihat Jawaban