Menstruasi tidak teratur

PERTANYAAN
W
Menstruasi tidak teratur
07 June 2024

Bagaimana cara agar haid bisa lancar tiap bulan?

Menstruasi
Jawaban
logo image
dr. Laurier
07 June 2024

Halo, terima kasih sudah bertanya dengan dr. Laurier.

Berdasarkan literatur tentang kesehatan reproduksi, dijelaskan bahwa siklus menstruasi rata-rata perempuan adalah 28 hari. Tetapi kita tahu bahwa setiap perempuan adalah unik, dan karenanya memiliki siklus menstruasi yang unik; bisa lebih pendek atau sebaliknya lebih panjang dari siklus rata-rata itu. Jadi, siklus menstruasi kita bisa jadi gak sama, alias lebih panjang atau lebih pendek dibandingkan teman lain.

Siklus menstruasi yang normal adalah 21 – 35 hari dengan durasi 2 – 10 hari. Namun, dengan catatan 3 hari terakhir biasanya hanya keluar flek atau darah tidak keluar terlalu banyak. Keterlambatan menstruasi masih terhitung wajar jika tidak lebih dari 3 bulan sejak menstruasi sebelumnya. Bila lebih dari 3 bulan, maka kemungkinan terjadi gangguan hormon, struktur pada rahim atau gangguan fungsi pada ovarium.

Nah, untuk menjawab kekhawatiranmu, menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan karena beberapa hal, yaitu: berat badan yang meningkat/menurun pesat, gangguan pola makan, stres, ataupun gejala awal terjadinya suatu gangguan di indung telur. Syndrom ovarium polikistik, kehamilan, dan menopause dini juga bisa menjadi kemungkinan penyebabnya.

Kami sarankan agar kamu memastikan kebutuhan nutrisi dengan baik, menghindari stress, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga agar menstruasimu tetap teratur. Tidak hanya itu, kamu juga bisa periksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai kondisimu. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu, ya.

Salam,
dr. Laurier

Share now :

Pertanyaan terkait lainnya

B
ngga haid selama hampir 6 bulan

udah hampir 6 bulan nggak menstruasi. aku belum nikah dan nggak pernah berhubungan badan. udah bilang ke ibu buat periksa aja tapi katanya itu siklus ...

Menstruasi
20 June 2024
Lihat Jawaban
N
Haid tidak teratur

Saya sudah berumur 22 tahun. Dulu haid saya tergolong lancar atau kalau mundur beberapa hari saja. Akan tetapi, beberapa bulan terakhir tuh tiba-tiba ...

Menstruasi
19 June 2024
Lihat Jawaban
F
Siklus menstruasi tidak teratur

Halo dok izin bertanya saya belum menstruasi selama hampir 2 bulan, terakhir menstruasi tgl 19 April bagaimana ya dok untuk mengatasi agar segera mens...

Menstruasi
19 June 2024
Lihat Jawaban
P
Siklus menstruasi

dok, 4 bulan terakhir ini periode menstruasi saya berubah dulunya periodenya per 25 hari tapi sekarang jadi per 32 hari. Namun semenjak terjadi peruba...

Menstruasi
19 June 2024
Lihat Jawaban