Yuk, Rawat Rambut Pubismu!
ask dr laurier

Yuk, Rawat Rambut Pubismu!

Yuk, Rawat Rambut Pubismu!

29 Jul 2019

Yuk, Rawat Rambut Pubismu!

Girls, kamu tau nggak, kalau masa puber ternyata bakal terjadi di usia 9 - 15 tahun lho. Di masa puber ini, nggak cuma menstruasi dan bentuk tubuhmu aja yang berubah, tapi area genitalmu juga bakal ditumbuhi rambut-rambut halus yang dikenal sebagai rambut pubis atau pubic hair. Nah, pertumbuhan rambut pubis itu didukung sama hormon testosteron dan androgen yang ada dalam tubuhmu, serta faktor keturunan. Jadi ketebalan, warna, tekstur dan area tumbuh rambut pubis setiap cewek itu berbeda-beda. Bahkan rambut pubis bisa berbeda sama rambut yang ada di kepalamu, Girls.

Nggak cuma cewek aja kok, cowok juga punya rambut pubis di area genitalnya, bahkan lebih lebat. So, kamu nggak perlu panik, kalau ada rambut-rambut halus yang tumbuh di area genitalmu, karena itu hal yang wajar, Girls!

Rambut pubis punya beberapa fungsi yang baik untuk kesehatan area genitalmu lho, seperti mencegah kotoran masuk, melindungi area genital yang bergesekan dengan benda asing dari luar tubuhmu, dan menghindari iritasi. Banyak cewek yang risih sama pertumbuhan rambut pubis, dan malah mau menyingkirkannya. Biasanya karena merasa nggak nyaman kalau lagi lembap dan gatal. Ada beberapa cara yang sering dilakukan cewek untuk menyingkirkan rambut pubis, yaitu:

  • Mencukur
  • Menggunakan peluruh bulu dan waxing
  • Menggunting

Di antara ketiga cara tersebut, menggunting adalah cara yang paling aman untuk merapikan rambut pubis. Cukup gunting rambut pubis supaya nggak terlalu panjang dan menusuk-nusuk kulit. Jangan sampai menggunting terlalu pendek, supaya rambut pubis tetap bisa berfungsi untuk melindungi area kulit di sekitar vagina.

Kamu harus rajin merawat dan menjaga kebersihan rambut pubismu, terutama saat menstruasi, supaya area genitalmu tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit. Berikut ini ada cara simple untuk merawat rambut pubismu supaya tetap bersih:

  • Jangan lupa untuk selalu mencuci rambut pubismu setiap mandi dengan air dan sabun, supaya kotoran atau kuman yang menempel hilang. Lalu, keringkan dengan handuk supaya nggak lembap.
  • Jangan mencukur atau mencabut rambut pubis sampai habis, karena bisa menimbulkan luka dan iritasi yang membuat kuman gampang masuk ke area genitalmu.
  • Rambut pubis yang lebat, nggak beraturan dan lembap adalah tempat favorit untuk kuman.  Jadi, kamu harus sering merapikan rambut pubismu dengan cara menggunting ujung-ujungnya menggunakan gunting yang tumpul supaya area genitalmu nggak terluka.
  • Jangan bergantian memakai handuk, pakaian dalam atau baju renang dengan orang lain.
  • Rajin mengganti celana dalam setiap kali sehabis mandi.

Gimana, Girls? Gampang kan, cara merawat rambut pubis? Kalau dilakukan secara teratur, maka semua cara itu bisa membuatmu terbebas dari rasa gatal di area rambut pubis. So, mulai sekarang kamu harus selalu menjaga kebersihan rambut pubismu, supaya area genitalmu tetap sehat ya!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu supaya mereka rajin merawat rambut pubisnya!

Related Articles
Adulthood
09 Aug 2019

Darah Menstruasiku Kok, Sedikit Banget?

Girls, kamu pernah nggak sih, pas lagi menstruasi darah yang keluar jumlahnya sedikit dan waktu mens...
Adulthood
31 Oct 2019

Menstruasi Barengan Cuma Mitos!

Banyak orang yang bilang, kalau dua atau beberapa perempuan tinggal bareng, atau sering bersama, mak...
Adulthood
20 Jul 2019

Rajin Cuci Tangan Bisa Bikin Aman

Girls, kamu tau nggak, kalau pas menstruasi ternyata organ genital jadi gampang mengalami infeksi lh...