Yuk, Rajin Berenang Sebelum Menstruasi!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Yuk, Rajin Berenang Sebelum Menstruasi!

Yuk, Rajin Berenang Sebelum Menstruasi!

27 Sep 2019

Yuk, Rajin Berenang Sebelum Menstruasi!

Kamu tau nggak sih, Girls, ternyata berenang pas lagi menstruasi itu nggak disarankan banget sama para ahli kesehatan lho! Tapi, berenang sebelum menstruasi menurut para peneliti dari Cairo University justru perlu dilakukan karena bisa mengurangi berbagai jenis PMS. Hmm….alasannya apa ya?

Penelitian ini melibatkan 70 perempuan berusia produktif yang mengalami gangguan PMS. Para responden dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 adalah kelompok yang diatur aktivitas fisiknya dengan berenang. Sedangkan, kelompok 2 melanjutkan pola hidup seperti biasanya.

Sebelum penelitian dimulai, para responden harus mengisi data tentang gejala-gejala PMS mereka. Para responden di kelompok 1 harus berenang setiap hari selama 20 menit mulai dari seminggu sebelum menstruasi. Setelah periode penelitian berlangsung, setiap responden diminta mengisi formulir data yang sama untuk melaporkan gejala PMS mereka.

Lalu, para peneliti melihat adanya penurunan keluhan PMS pada kelompok 1 yang berenang secara teratur. Sedangkan, kelompok responden yang nggak berenang, keluhannya cenderung masih sama. Keluhan PMS yang tercatat mengalami penurunan pada responden kelompok 1, yaitu kecemasan (100%), depresi (25%), ketegangan (25%), mood swing (100%), gangguan koordinasi (100%), sakit kepala (20%), kelelahan (33%), nyeri (45%), nyeri payudara (50%) dan kram (35%).

Walaupun begitu, nggak ada data yang berbeda pada gangguan tidur malam, gampang menangis, pembengkakan dan nafsu makan yang meningkat. Para responden yang menjalani program berenang dan mengalami gangguan tersebut sebelum program dimulai, tetap mengalaminya setelah program selesai.

Kesimpulan dari penelitian ini, para ahli berpendapat bahwa berenang yang dilakukan sebelum menstruasi bisa mengurangi gejala PMS, baik secara fisik ataupun psikologis. Saat ini para ahli dari bagian Obstetrics and Gynecology, Cairo University di Mesir, lagi merencanakan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah manfaat akan bertambah kalau seseorang berenang dengan waktu yang lebih lama. Penelitian yang telah dilansir oleh dailyscience.com pada awal Agustus 2018 ini bisa menjadi info yang memberi alternatif pada perempuan untuk mengatasi PMS.

Siapa sangka kalau berenang punya manfaat yang banyak banget untuk mengurangi gejala PMS kan, Girls? Nah, mulai sekarang lebih baik kamu berenang seminggu sebelum menstruasi, dibanding pas lagi menstruasi ya! Supaya gejala-gejala PMS yang kamu alami bisa berkurang, sehingga aktivitasmu nggak bakal terganggu, Girls! Let’s enjoy your day!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, biar mereka tau manfaat berenang pas menjelang menstruasi!

Related Articles

Adulthood
19 Sep 2019

Gemuk Bisa Bikin Menstruasiku Jadi Nggak Teratur?!

Banyak orang yang bilang, kalau kelebihan berat badan atau gemuk pasti bikin penampilan jadi nggak m...
Adulthood
24 Jul 2019

Cairan Vagina Itu Apa Sih?

Kamu pernah nggak sih, merasakan ada suatu cairan yang aromanya sangat khas keluar dari vaginamu? Ka...
Adulthood
26 Jul 2022

Kencing Nanah Itu Penyakit Apa, Sih?

Dalam dunia medis, kencing nanah dikenal dengan istilah gonorrhea atau gonore. Gangguan kesehatan in...