Yuk, Lebih Aware Sama Siklus Menstruasimu!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Yuk, Lebih Aware Sama Siklus Menstruasimu!

Yuk, Lebih Aware Sama Siklus Menstruasimu!

19 Sep 2019

Yuk, Lebih Aware Sama Siklus Menstruasimu!

Girls, ada info tambahan buat kamu nih! Dalam sebuah artikel yang dirilis oleh the Endocrine Society’s Journal of Clinical Endocrinology Metabolism, dijelaskan bahwa umumnya perempuan muda yang didiagnosa mengidap diabetes tipe 2 memiliki siklus menstruasi yang nggak teratur. Kesimpulan ini berasal dari hasil penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Colorado School of Medicine di Aurora, Colorado, USA.

Selama ini diketahui bahwa siklus menstruasi yang nggak teratur biasanya berhubungan sama kadar hormon yang nggak seimbang, infeksi, penyakit, trauma dan obat-obatan tertentu. Tapi setelah mengamati data TODAY (Treatment Options for Type 2 Diabetes in Youth), penelitian nasional untuk meningkatkan penyelengaraan kesehatan pada perempuan muda yang terdiagnosa mengidap diabetes, diketahui 20% responden TODAY juga mengalami siklus menstruasi yang nggak teratur.

Menurut Megan Kelsey, M.D, M.S yang menulis laporan penelitian tersebut, kondisi ini disebabkan karena pengidap diabetes 2 umumnya punya kadar testosteron yang relatif tinggi, sekalipun udah mengikuti program pengobatan dengan mengonsumsi obat dan pengaturan pola hidup. Dampak dari kondisi ini adalah risiko terkena PCOS, siklus menstruasi yang nggak teratur, dan gangguan metabolisme lain.

Fakta inilah yang menyebabkan para ahli menyarankan supaya saat seorang perempuan berusia muda mengalami siklus menstruasi yang nggak teratur, sebaiknya langsung memeriksakan diri biar bisa diketahui dan dipastikan kesehatan reproduksi serta metabolismenya.

Tuh, Girls! Jangan pernah anggap sepele kalau siklus menstruasimu mulai nggak teratur ya! Kalau misalnya kamu takut pergi sendiri ke dokter, kamu bisa minta mama atau kakakmu untuk menemanimu. Semakin cepat kamu tau tentang kondisimu, maka semakin cepat juga kamu mencegah tubuhmu terkena berbagai penyakit. Be aware, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka juga bisa tau info ini!

Related Articles

Adulthood
01 Nov 2019

Kenapa Miss V Bisa Iritasi Saat Menstruasi?

Kamu tau nggak, ternyata 8 dari 10 orang perempuan di Indonesia mengalami iritasi miss V saat menstr...
Adulthood
29 May 2019

4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapet Kalau Rajin ke Ginekolog! Apa Aja?

Untuk kebanyakan orang, konsultasi ke Ginekolog (dokter ahli kandungan) cuma dilakukan buat memeriks...
Adulthood
27 Jun 2019

Cek Seberapa Besar Perubahan Mood Kamu Pas Lagi PMS!

Kalau lagi PMS pasti kamu jadi lebih sensitif deh, Girls. Benar nggak? Coba cari tau yuk, kira-kira ...