ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Waspadai Infeksi Bakteri Vaginosis!

Waspadai Infeksi Bakteri Vaginosis!

06 Dec 2019

Waspadai Infeksi Bakteri Vaginosis!

Kesehatan organ intimmu udah diperhatikan dengan baik belum, Girls? Kalau kamu merasakan suatu kelainan pada organ intimmu, kamu harus cepat-cepat cari penyebabnya supaya nggak jadi penyakit yang bisa membahayakan tubuhmu ya, Girls! Tapi kamu tau nggak sih, ada salah satu penyakit bernama bacterial vaginosis yang bisa menyerang organ intimmu? Hmm...mungkin di antara kamu masih ada yang belum tau tentang penyakit itu. Bacterial vaginosis ini adalah infeksi organ intim yang disebabkan oleh bakteri gardenella vaginalis. Nah, di bawah ini adalah beberapa penyebab terjadinya bacterial vaginosis yang bisa menyerang organ intimmu:

  • Hubungan seksual yang kurang sehat seperti sering berganti pasangan tanpa memakai “pengaman”.
  • Kebersihan yang kurang terjaga karena cara membersihkan organ intim yang salah. Kontaminasi bakteri yang berasal dari saluran pembuangan bisa dicegah dengan cara membersihkan organ intimmu dengan gerakan tangan dari arah depan ke belakang. Kalau kamu melakukan sebaliknya justru memungkinkan infeksi bacterial vaginosis terjadi lho, Girls!
  • Gejala yang timbul ditandai dengan adanya keputihan yang cairannya terlihat berwarna kekuningan dan bau yang kurang sedap. Keputihan ini hampir selalu ada dan terlihat jelas nggak lama setelah kamu melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Kondisi yang paling parah dari penyakit ini adalah iritasi yang bisa menimbulkan rasa gatal atau pedih di sekitar organ intim. Kalau kamu udah mengalami kondisi tersebut, lebih baik segera periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan akan dilakukan dengan cara mengambil sampel cairan keputihanmu dan dikirim ke laboratorium untuk diperiksa. Kalau dalam keputihanmu ditemukan pengembangbiakan bakteri, dokter akan melakukan pengobatan dengan cara memberikan krim untuk organ intim dan antibiotik supaya infeksinya sembuh.

Gimana, Girls? Kamu jadi lebih tau tentang penyakit bacterial vaginosis kan? Penyakit yang satu ini juga harus kamu waspadai ya, karena penyakit ini berhubungan dengan organ intimmu. So, jaga selalu kesehatan organ intimmu ya, supaya kamu terhindar dari penyakit ini!

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka juga tau tentang penyakit ini!

Related Articles

Adulthood
27 Sep 2019

5 Gejala PMS yang Nggak Populer

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gejala PMS seperti sakit kepala, sakit perut, berat badan naik...
Adulthood
01 Oct 2019

Tips Lolos dari Insomnia

Kamu pernah mengalami insomnia nggak, Girls? Ternyata insomnia memang cenderung dialami saat menjela...
Adulthood
06 Sep 2019

Menstruasi Bisa Kurangi Risiko Infeksi Ragi

Kamu sering mengalami gatal dan kemerahan di area vagina sampai membengkak? Hati-hati, Girls! Ternya...