Ugh, Nggak Teratur!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ugh, Nggak Teratur!

Ugh, Nggak Teratur!

20 Oct 2019

Ugh, Nggak Teratur!

Siklus menstruasimu pernah nggak teratur, Girls? Eits, jangan panik dulu! Percaya atau nggak, ternyata memang diperlukan waktu sampai tiga tahun dari menstruasi pertamamu (menarche), supaya tubuhmu punya siklus yang teratur. Kondisi ini juga belum tentu menandakan kalau ada gangguan kesehatan pada tubuhmu lho.

Siklus menstruasi yang dialami setiap cewek juga beda-beda, normalnya adalah 21 – 35 hari. Tapi, rata-rata siklus menstruasi cewek berulang tiap 28 – 30 hari, dan rata-rata menstruasinya berlangsung selama 5 – 7 hari. Ingat ya, Girls, data tersebut adalah data rata-rata atau siklus yang dialami kebanyakan perempuan. Berdasarkan fakta medis, siklus menstruasi normal bisa berulang setiap 15 hari (siklus paling pendek) dan 45 hari (siklus paling panjang).

Kamu nggak perlu panik kalau siklus dan durasi menstruasimu tiba-tiba berubah, Girls. Hal ini bisa dialami setiap perempuan karena perubahan produksi kadar hormon dalam tubuh. Nggak heran kan, kalau durasi menstruasimu kadang bisa lebih cepat dua atau tiga hari, dan mungkin telat sampai seminggu.  Atau, kadang darahnya banyak banget, kadang malah super sedikit.

Siklus menstruasi diatur sama keseimbangan kadar hormon. Kalau kondisi hormonmu nggak seimbang, maka siklusmu pasti akan terganggu, sama juga halnya dengan aliran darah menstruasimu. Kondisi paling umum yang menyebabkan kadar hormonmu nggak seimbang adalah:

  • Stres dan pola hidup yang sibuk bisa memicu produksi hormon stres, yang diketahui mengganggu siklus dan menyebabkan keterlambatan menstruasi.
  • Makanan dan pola makan yang nggak sehat bisa memengaruhi siklus menstruasi. Sama halnya dengan pertambahan atau pengurangan berat badan yang drastis, kalau kamu lagi melakukan diet.
  • Olahraga yang berlebihan juga bisa memengaruhi siklusmu, Girls. Olahraga pas lagi menstruasi memang bagus untuk kesehatan tubuh, tapi kalau kamu melakukannya secara berlebihan, maka bisa membahayakan karena tubuhmu akan semakin banyak kekurangan cairan.
  • Kontrasepsi, yaitu metode pencegahan pembuahan yang menggunakan hormon seperti pil, atau suntik bisa memengaruhi siklus menstruasi.

Ada banyak cara untuk menyeimbangkan hormon dan menyiasati siklus menstruasimu yang nggak teratur. Tapi, dua hal yang paling disarankan untuk kamu lakukan adalah:

  • Lakukan relaksasi supaya tubuhmu nggak mengalami stres. Yoga adalah olah tubuh yang sangat baik untuk meredakan ketegangan. Tapi aktivitas santai lain, bisa dilakukan, seperti mendengarkan musik, membaca buku atau berendam di air hangat.
  • Miliki pola makan sehat. Makanan adalah sumber energi tubuh, dan mengonsumsi makanan sehat akan membuat tubuhmu juga jadi sehat. Mencukupi kebutuhan vitamin tubuh selama menstruasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan lho, Girls!

Meskipun buat cewek seusiamu, siklus menstruasi yang nggak teratur itu wajar, tapi tetap ada hal-hal penting yang harus diperhatikan lho! Kalau kamu berhenti mengalami menstruasi atau semakin jarang menstruasi, padahal siklusmu pernah cukup teratur selama minimal enam bulan, sebaiknya langsung bilang sama mama ya, Girls. Karena kondisi ini membutuhkan penanganan dokter.

Selain itu, kalau kamu mengalami menstruasi yang sangat banyak dalam waktu yang panjang, apalagi biasanya siklus menstruasimu pendek. Kondisi ini juga perlu diperhatikan, karena terlalu banyak mengeluarkan darah bisa membuatmu berisiko mengalami anemia atau kurang darah.

Mudah-mudahan siklusmu yang nggak teratur itu bukan termasuk dua kondisi di atas ya! Makanya, jangan pernah anggap remeh apapun yang terjadi sama tubuhmu pas lagi menstruasi, Girls! Kamu juga sebaiknya selalu membawa pembalut saat pergi kemanapun, karena bisa aja menstruasi datang tiba-tiba akibat siklusmu yang belum teratur. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan!

Yuk, share info ini ke semua teman cewekmu, supaya mereka nggak perlu panik lagi kalau menstruasinya masih nggak teratur!

Related Articles

Adulthood
30 Aug 2019

pH Berubah, Penyakit Berbuah

Perempuan yang sering memerhatikan kesehatan reproduksi biasanya udah paham bahwa infeksi itu rentan...
Adulthood
26 Jan 2022

G-spot, Titik Rangsang Misterius yang Kamu Harus Tahu

Tahukah kamu jika salah satu cara untuk mencapai orgasme adalah dengan mengenali titik G-spot? Buat ...
Adulthood
26 Aug 2019

Kram Menstruasi Itu Wajar Nggak sih?

Sebagian besar cewek pasti pernah merasakan nyeri perut yang berhubungan sama menstruasi. Tapi, bias...