ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Trik Merawat Gigi Selama Siklus Menstruasi

Trik Merawat Gigi Selama Siklus Menstruasi

23 Sep 2019

Trik Merawat Gigi Selama Siklus Menstruasi

Kram perut, ingin ngemil cokelat, atau menangis setelah nonton iklan di tv, bisa jadi udah biasa kamu alami sehingga nggak lagi merasa cemas. Iya kan, Girls? Tapi, kamu sadar nggak sih, kalau naik turunnya kadar hormon juga bisa bikin gusimu bengkak, sensitif, dan gampang berdarah?

Kadar hormon reproduksi yang berubah-ubah bisa memengaruhi sebagian besar organ tubuh cewek, termasuk gusi dan gigi. Makanya, disarankan banget supaya kamu rajin merawat gigi dengan memperhitungkan faktor tersebut. Nah, biar kamu nggak bingung apa aja yang harus dilakukan, kamu bisa ikuti trik-trik di bawah ini, Girls!

  • Seminggu sebelum menstruasi: Pada periode ini, sebaiknya kamu harus berhati-hati pas menyikat gigi, Girls! Naik turunnya kadar hormon selama seminggu sebelum menstruasi memang nggak bakal menyebabkan gangguan gusi, tapi sebenarnya malah bisa menyebabkan pembengkakan. Kondisi ini bakal jelas banget terlihat pas dua hari sebelum menstruasimu dimulai, dan dikenal sebagai gingivitis menstruasi. Pastikan kamu menyikat gigi dan membersihkan gusi sebanyak dua kali sehari pada periode ini, supaya nggak memicu kondisi gingivitis yang lebih parah.
  • Setelah menstruasi: Inilah saat yang tepat untuk kamu pergi ke dokter gigi. Kalau kamu perlu menambal, membersihkan karang gigi, atau harus merawat akar gigi, sebaiknya dilakukan tepat setelah menstruasimu selesai. Pada saat ini, kadar hormonmu cenderung rendah dan gusi juga nggak terlalu sensitif. Tapi sebaiknya kamu menghindari masa subur, karena naik turunnya kadar hormon menjelang dan selama masa subur bisa menyebabkan gusi membengkak, sehingga adanya tindakan pada gigi cenderung membuatmu nggak nyaman. So, perawatan saluran akar gigi atau menambal gigi sebaiknya dilakukan tepat setelah kamu menstruasi ya, Girls!

Terus, gimana dengan perawatan selama menstruasi berlangsung? Nah, sebenarnya kamu nggak disarankan untuk melakukan perawatan gigi seperti membersihkan karang gigi atau merawat akar gigi, Girls. Hal ini bisa menyebabkan kondisimu jadi nggak nyaman dan pembengkakan pada gusi. Kalau kamu memang mau melakukan perawatan gigi pas menstruasi, kamu cukup menyikat gigi dan membersihkan gusi dengan lembut. Gampang banget kan? So, mulai sekarang jangan salah melakukan perawatan gigi selama menstruasi ya, Girls!

Share info ini ke teman-temanmu yang lain yuk, supaya mereka juga bisa merawat giginya dengan benar sepanjang siklus menstruasi!

Related Articles

Adulthood
04 May 2019

Kenapa ya, Siklus Menstruasiku Jadi Memendek?

Fyi nih Girls, kalau kamu umurnya udah lebih dari 20 tahun, maka siklus menstruasimu punya pola beru...
Adulthood
28 Aug 2019

7 Fakta Tentang Ovulasi yang Perlu Kamu Tau

Girls, kamu tau nggak sih, apa itu ovulasi? Kalau di antara kamu ada yang belum tau, ovulasi adalah ...
Adulthood
17 Oct 2019

Kenapa sih, Aku Sering Mengalami Migrain?

Migrain ternyata bisa diderita berbagai usia dan gender lho, Girls! Tapi, data yang saat ini terkump...