Trik Cerdas Atasi Menstruasi yang Deras
ask dr laurier

Trik Cerdas Atasi Menstruasi yang Deras

Trik Cerdas Atasi Menstruasi yang Deras

25 Aug 2019

Trik Cerdas Atasi Menstruasi yang Deras

Aliran darah menstruasi yang deras, nggak cuma bikin kamu takut bocor, pasti juga bikin kamu jadi malas bergerak. Benar nggak, Girls? Tapi, hal itu sebenarnya bukan masalah lho! Sekarang, udah ada pembalut dengan teknologi quicklock yang bisa langsung menyerap cairan menstruasi, mengikat cairan di dalam, dan mencegahnya kembali ke permukaan, sehingga kamu nggak bakal mengalami bocor. So, kamu nggak perlu cemas lagi, Girls!

Ada hal lain yang lebih penting untuk kamu cemaskan, yaitu kondisi kesehatanmu. Kenapa? Setiap kali terjadi perdarahan menstruasi yang deras, kamu bisa berisiko mengalami anemia. Kamu nggak mau sampai mengalaminya kan, Girls? Makanya, kamu harus lebih peka sama kondisi ini dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Buat catatan

Kalau kamu merasa darah menstruasimu lebih deras dibanding biasanya, segeralah buat catatan untuk menandainya. Apalagi kalau kamu merasa pusing saat berdiri dan beraktivitas, sebaiknya kamu langsung konsultasi ke dokter, dan catatan ini bisa jadi data penting untuk kamu berikan pada dokter.

  • Banyak minum

Setiap kali kamu merasa pusing atau jantung berdebar keras saat baru berdiri dari duduk atau tidur, ini tandanya volume darah di dalam sistem tubuhmu terlalu rendah. Lebih baik kamu segera minum jus yang diberi garam, seperti jus tomat, jus sayuran, atau air kaldu. Selain itu, kamu juga harus minum air minimal 1 liter per hari.

  • Mengganti zat besi yang hilang

Kalau perdarahan yang dialami relatif banyak dan udah berlangsung selama beberapa siklus menstruasi, sebaiknya kamu mengonsumsi tablet zat besi. Selain dengan suplemen, asupan zat besi juga bisa kamu dapatkan dari makanan seperti daging merah, hati, kuning telur, sayuran hijau, dan buah yang dikeringkan seperti kismis.

  • Mengonsumsi antiprostaglandin

Ibuprofen adalah obat yang bisa dibeli bebas di apotek. Ini adalah jenis antiprostaglandin yang bisa mengatasi kerja hormon prostaglandin sebagai pemicu kontraksi otot rahim, untuk mengurangi derasnya aliran darah menstruasi. Konsumsi 200 mg ibuprofen setiap 4 – 6 jam, bisa mengurangi aliran darah sampai 25 – 30%, sekaligus meredakan kram perutmu.

So, mulai sekarang kamu nggak perlu bingung lagi ya, Girls! Segera lakukan tindakan yang tepat setiap kali aliran darah menstruasimu mulai menderas. Ingat ya, jangan lupa untuk selalu perhatikan gejala-gejala tubuhmu supaya kamu tetap bisa beraktivitas optimal selama menstruasi!

Yuk, ajak teman-temanmu yang lain untuk baca artikel ini, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles
Adulthood
05 Jul 2019

Gimana Caranya Biar Aku Cepat Menstruasi?

Jadi satu-satunya cewek di kelas atau di antara teman hangout yang belum menstruasi, emang bisa jadi...
Adulthood
27 Sep 2019

Zat Besi Bantu Atasi PMS

Kamu tau nggak, Girls, ternyata para ahli kesehatan udah lama menyebutkan kalau konsumsi mineral-min...
Adulthood
24 Jul 2019

Kapan sih, Gejala PMS Datang?

Moody dan sensitif udah kamu rasakan, padahal jadwal menstruasi masih lama. Kamu pernah mengalaminya...