Tips Simple Biar Tidur Nyenyak Pas Menstruasi
ask dr laurier

Tips Simple Biar Tidur Nyenyak Pas Menstruasi

Tips Simple Biar Tidur Nyenyak Pas Menstruasi

03 Jul 2019

Tips Simple Biar Tidur Nyenyak Pas Menstruasi

Kalau lagi menstruasi, pasti tidur malammu jadi nggak nyenyak kan, Girls? Kok bisa ya? Hal ini disebabkan karena dampak hormon reproduksi yang berubah-ubah, dan rasa takut kalau darah menstruasimu tiba-tiba mengotori tempat tidur. Padahal kalau waktu tidur nggak tercukupi, bisa-bisa besoknya kamu bakal merasa lemas dan ngantuk, terus jadi nggak bisa berkonsentrasi deh. Akibatnya, aktivitasmu juga jadi terganggu. Nah, supaya hal ini nggak terjadi lagi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mandi air hangat

Suhu air yang lebih tinggi dari suhu tubuh bisa membuat otot-ototmu jadi relaks. So, tubuhmu bakal lebih santai, dan lebih siap untuk diajak beristirahat.

  • Celana dalam yang nyaman

Setelah mandi, pilihlah celana dalam yang nyaman untuk dipakai tidur. Pastikan celana nggak terlalu ketat, jadi nggak menyebabkan tekanan pada pinggang atau paha. Pilih celana dari bahan katun supaya bisa menyerap keringat.

  • Pembalut khusus malam hari

Pas menjelang tidur, segera ganti pembalut dengan pembalut malam. Bentuk pembalut malam didesain sesuai sama arah aliran darah pas tubuh lagi berada di posisi berbaring, yaitu ke arah samping dan ke arah belakang. Inilah yang menyebabkan bagian belakang pembalut malam dibuat lebih lebar, dan bagian samping dilengkapi sama wing (sayap) supaya bisa melindungi pinggiran celana lebih panjang.

  • Relaksasi

Beberapa saat sebelum tidur, buatlah tubuhmu jadi lebih tenang. Coba minum secangkir teh chrysanthemum, pasang lilin aromaterapi, atau mendengarkan lagu favorit, supaya bisa bikin suasana jadi tenang, sehingga tubuh juga jadi lebih siap untuk diajak beristirahat.

Simple banget kan, Girls? Yuk, coba lakukan mulai malam ini, supaya tidurmu jadi lebih nyenyak! Have a nice dream, Girls!

Kamu punya tips lain biar tidur nyenyak pas menstruasi? Langsung tulis di kolom komentar aja, Girls! Jangan lupa share info ini ke teman-teman cewekmu ya, supaya tidur mereka juga jadi lebih nyenyak pas menstruasi!

Related Articles
Adulthood
04 Oct 2019

Abis Olahraga, Kenapa Malah Keluar Darah?

Kalau ada bercak-bercak darah yang muncul di luar periode menstruasi pasti bikin kamu panik, betul n...
Adulthood
28 Jun 2019

Apa Itu Vulvodynia?

Girls, mungkin kamu belum pernah dengar tentang vulvodynia. Iya, kan? Vulvodynia adalah kondisi di m...
Adulthood
03 Oct 2019

Stres Bisa Pengaruhi Kesuburan

Kiani Taylor, Ph.D dan teman-temannya, para ahli epidemiologi Ilmu Kesehatan dan Informasi dari Emor...