Tips Nyaman Bekerja Pas Lagi PMS
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Nyaman Bekerja Pas Lagi PMS

Tips Nyaman Bekerja Pas Lagi PMS

26 Sep 2019

Tips Nyaman Bekerja Pas Lagi PMS

Kalau menjelang menstruasi, hari-hari kerja pasti terasa jadi berat banget. Betul nggak, Girls? Ternyata nyaris 30% cewek berusia produktif yang bekerja memang mengalaminya lho. Hal ini disebabkan karena adanya tiga gejala pra-menstruasi yang bisa mengganggu banget aktivitasmu pas lagi kerja. Tapi kamu jangan cemas dulu, Girls! Karena para ahli udah menemukan pemicunya, jadi bisa ditemukan juga cara untuk mengatasinya. Kira-kira apa aja sih, pemicunya?

  • Perubahan mood

Aktivitasmu sehari-hari seketika bisa jadi drama pas menjelang menstruasi, cuma karena mood-mu yang gampang banget berubah lho, Girls! Kondisi ini terjadi karena naik turunnya kadar hormon yang memicu gangguan pada kontrol emosi, kata Teri Pearlstein, M.D, dari the Alpert Medical School di Brown University. Menurutnya, kamu cuma perlu mengatur pola makan supaya mood bisa kembali normal. Makanya, pada masa ini disarankan banget untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, sayuran berwarna hijau tua, dan biji-bijian. Jenis makanan ini bisa membuat mood-mu jadi stabil, sekaligus mengontrol kadar gula darah.

  • Sakit kepala

Sebagian besar cewek pasti mengeluhkan sakit kepala dan migrain pas periode menjelang menstruasi. Kamu salah satunya bukan, Girls? Gangguan ini dipicu sama produksi hormon prostaglandin yang relatif meningkat pada periode sebelum menstruasi. Prostaglandin adalah hormon yang berfungsi memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah. Tapi pada saat yang bersamaan, hormon ini bisa menyebabkan ketegangan pada saraf di kepala dan sakit kepala atau migrain. Vincent Martin, M.D., seorang ahli sakit kepala dari University of Cincinnati menyarankan untuk mengonsumsi obat yang mengandung antiinflamasi supaya produksi prostaglandin bisa berkurang, sehingga ketegangan mereda, dan mengobati sakit kepala plus kram pada perut.

  • Ngantuk

Salah satu gejala yang nggak kalah mengganggu pada periode menjelang menstruasi adalah mengantuk. Benar kan? Menurut Elizabeth Bertone-Johnson,Sc.D., dari University of Massachusetts, setiap kali terjadi perdarahan menstruasi, tubuh bakal kehilangan zat besi. Jenis mineral ini punya fungsi sebagai pembentuk sel darah merah, dan berperan penting untuk memproduksi serotonin, yaitu hormon pemicu semangat. Jenis hormon ini biasanya bakal turun drastis pas kamu lagi menstruasi. Nah, inilah yang bikin tubuhmu terasa lemas dan mengantuk. Supaya kondisi ini bisa teratasi, sebaiknya kamu mengonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti bayam, buncis, atau lentil. Selain itu, kamu juga harus memenuhi waktu tidur supaya kondisi tubuhmu tetap sehat dan segar, Girls.

Dari ketiga gejala PMS di atas, mana yang paling sering kamu alami, Girls? Ingat ya, kalau gejala PMS ini sering banget mengganggumu, sebaiknya coba lakukan saran dari para ahli tersebut, supaya hari-hari menjelang menstruasimu terasa lebih nyaman. Kalau udah begitu, pasti kamu juga bakal semangat beraktivitas dan bisa fokus bekerja. Fighting!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, supaya mereka bisa tetap enjoy bekerja pas lagi PMS!

Related Articles

Adulthood
30 Oct 2019

Pakai Pantyliner Tiap Hari, Boleh kok!

Kamu pernah dengar kabar kalau pantyliner nggak boleh dipakai setiap hari karena akan menyebabkan ga...
Adulthood
26 Sep 2019

5 Faktor Pengganggu Kesuburan

Girls, kamu tau nggak kalau tingkat kesuburan itu penting banget? Karena dengan hal itu peluang kamu...
Adulthood
08 Oct 2019

Kadar Hormon Bisa Tentukan Akhir Masa Produktifmu!

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kebidanan dari University Medical Center Utrecht, Be...