Tips Lolos dari Insomnia
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Lolos dari Insomnia

Tips Lolos dari Insomnia

01 Oct 2019

Tips Lolos dari Insomnia

Kamu pernah mengalami insomnia nggak, Girls? Ternyata insomnia memang cenderung dialami saat menjelang dan selama menstruasi lho. Kondisi ini dipicu sama naik turunnya kadar hormon reproduksi menjelang dan selama menstruasi. Tapi tenang aja, gangguan ini bakal mereda setelah menstruasi selesai kok.

Ahli tidur menyatakan bahwa insomnia yang dialami akibat naik turunnya hormon di masa menstruasi, sama sekali nggak mengganggu kemampuan tidurmu lho. Tapi, kalau nggak diatasi dengan tepat justru bisa memengaruhi kualitas tidur, dan akhirnya mengganggu aktivitasmu esok hari. Nah, Margaret Moline, dari Pusat Studi Tidur di Cornell University, New York, USA memberikan beberapa saran praktis yang bisa kamu lakukan untuk mencegah supaya hal ini nggak terjadi. Apa aja ya?

  • Prioritaskan tidur

Kalau kamu merasa mengantuk pada malam hari, sebaiknya langsung berusaha untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuhmu membentuk dan mempertahankan pola tidur.

  • Merangsang tidur

Caranya adalah dengan menyiapkan suasana nyaman yang mengundang rasa ngantukmu. Kamar sebaiknya bersih, dan nggak terlalu terang menjelang waktu tidur. Kalau perlu kamu minum teh herbal yang menenangkan menjelang tidur.

  • Nggak lapar

Saat menstruasi, biasanya kamu sering merasa lapar dan ingin mengemil. Jadi menjelang waktu tidur, nggak ada salahnya mengemil makanan ringan seperti biskuit atau buah.

  • Mengatasi nyeri

Periode menjelang dan selama menstruasi, tubuhmu bakal rentan mengalami pegal dan nyeri. Nah, kondisi ini jangan sampai kamu biarkan begitu aja, Girls! Sebaiknya, langsung minum obat pereda nyeri, atau mengompres bagian tubuh yang terasa nyeri dengan kompresan hangat. Kalau nyeri udah hilang, kamu pasti bakalan gampang tidur.

  • Relaks

Menjelang tidur, berbaringlah dengan tenang. Lemaskan semua sendi dan ototmu, lalu bayangkan rencanamu di weekend nanti.

  • Sleep journal

Biasakan bikin catatan waktu, pas kamu mulai mengantuk atau menjelang tidur. Nggak usah ribet, kamu bisa tulis di buku atau ketik di notes HP. Catatan ini akan membantumu kalau kamu perlu memahami pola tidur akibat insomnia. Kalau ternyata kamu mengalami insomnia cuma di waktu-waktu tertentu, misalnya menjelang menstruasi, maka data ini akan sangat membantu dokter untuk memberikan penanganan yang tepat terhadap kondisimu.

Very easy, right? Kalau kamu bisa melakukan semua hal di atas, pasti tidur malammu menjelang dan selama menstruasi nggak bakalan terganggu sama sekali. Kamu tetap bisa tidur nyenyak, dan waktu tidurmu juga nggak bakal berantakan. Bye-bye insomnia! Good night and have a wonderful morning then, dears!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka juga tau caranya mengatasi insomnia menjelang dan saat menstruasi!

Related Articles

Adulthood
14 Oct 2019

Kesehatan Reproduksimu Ternyata Ditentukan Sejak Masih Janin lho!

Girls, ternyata di masa pertumbuhan diketahui janin sangat peka merespons berbagai rangsangan lho! H...
Adulthood
01 Jul 2019

Apa Penyebab Menstruasiku Nggak Teratur?

Girls, kamu tau nggak sih, kebanyakan cewek mengalami 11 – 13 kali menstruasi dalam setahun. T...
Adulthood
29 Jun 2019

Hati-hati! Menstruasi Dini Ternyata Bisa Berisiko Stroke!

Girls, kamu tau nggak, kalau perempuan yang mengalami menstruasi pertama di usia 13 tahun atau lebih...