ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Buat Stabil Emosi yang Lagi Labil

Tips Buat Stabil Emosi yang Lagi Labil

30 Sep 2019

Tips Buat Stabil Emosi yang Lagi Labil

Gejala PMS yang sering dikeluhkan para cewek adalah gampang kesal, tersinggung, dan marah. Betul nggak, Girls? Kondisi ini nggak cuma bikin orang di sekitarmu merasa terganggu aja lho, tapi juga bisa bikin diri kamu sendiri jadi nggak nyaman. Nah, supaya kondisi ini nggak terus mengganggumu, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mengatasinya, Girls!

  • Makanan. Perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi pas lagi menstruasi, Girls. Sebaiknya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau supaya tubuh mendapatkan nutrisi yang baik, sehingga staminamu cukup kuat untuk mengendalikan emosimu sendiri.
  • Istirahat. Istirahat yang cukup akan membuat tubuhmu jadi terasa bugar sepanjang hari, sehingga nggak gampang memicu rasa marah.
  • Relaksasi. Jangan beraktivitas yang bisa memicu emosi. Sebaiknya, lakukan relaksasi supaya tubuhmu nggak tegang. Tubuh yang santai cenderung nggak gampang bereaksi sama emosi negatif.
  • Curhat. Kalau kamu lagi marah, coba cari seseorang untuk diajak mengobrol tentang amarahmu itu, Girls. Curhat sama seseorang bakal mengurangi tekanan dan kemarahanmu.
  • Tidur cukup. Tidur yang cukup bisa membuat otakmu lebih relaks, sehingga nggak bakal gampang marah.
  • Hitung siklus menstruasi. Kalau kamu tau dengan tepat siklus menstruasimu sendiri, maka kamu bakalan paham kenapa emosimu tiba-tiba cepat meningkat. Kamu juga bisa menghindar sementara dari orang-orang di sekitarmu, supaya mereka nggak kena sasaran emosimu.

Sebenarnya, memang nggak gampang mengendalikan emosi saat kadar hormon tubuhmu lagi nggak seimbang. Tapi, kalau kamu mau berusaha dengan melakukan tips-tips di atas, pasti semuanya bakal bisa teratasi. Let’s try it, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-teman cewekmu yang lain, supaya mereka juga bisa mengendalikan emosinya pas lagi PMS!

Related Articles

Adulthood
08 Oct 2019

Hati-hati, Alat Masak Bisa Pengaruhi Kesuburan!

Girls, buat kamu yang doyan masak, hati-hati ya! Karena alat masak yang kamu pakai bisa aja mengandu...
Adulthood
05 Sep 2019

Dampak Kurangnya Info Tentang Kesehatan Reproduksi

Seiring meningkatnya angka risiko kanker serviks yang dialami para perempuan muda, maka The Gynecolo...
Adulthood
08 Jul 2019

Kok Menstruasiku Lama Berhentinya?

Kamu sering merasa menstruasimu berlangsung lama banget dibanding biasanya, atau lebih lama dibandin...