Tips Biar Kamu Tetap Semangat Saat Menstruasi!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Biar Kamu Tetap Semangat Saat Menstruasi!

Tips Biar Kamu Tetap Semangat Saat Menstruasi!

18 Oct 2019

Tips Biar Kamu Tetap Semangat Saat Menstruasi!

PMS yang dialami setiap perempuan itu beda-beda lho, Girls. Sebagian mengalami nyeri perut atau kram, sebagiannya lagi merasa kembung, migrain, dan ada juga yang mengalami kelelahan akut. Kalau kelelahan yang jadi gangguan, maka masa menstruasi cenderung jadi masa yang nggak produktif. Betul nggak?

Sebagian perempuan ada yang udah merasakannya dari pagi hari. Mereka bahkan nggak bisa bergerak dari tempat tidur, padahal baru aja bangun. Sebagian lagi ada yang merasakan lelah setelah tengah hari. Sebenarnya hal ini dialami karena rendahnya level energi, akibat naik turunnya kadar hormon dalam tubuh.

Eits, tapi jangan panik dulu, Girls! Kondisi ini bisa diatasi dengan pengaturan pola makan dan rutinitas sehari-hari selama mentruasi. Nah, berikut ini caranya!

  • Setiap pagi, konsumsi multivitamin sebagai cara menjaga asupan nutrisi tubuh. Berdasarkan salah satu artikel di United States National Library of Medicine, pemicu utama kelelahan yang dialami perempuan di masa menstruasi adalah akibat kekurangan vitamin dan mineral selama masa menstruasi.
  • Menjelang menstruasi, tingkatkan konsumsi protein (tanpa lemak), biji-bijian, ikan dan daging yang dipanggang. Konsumsi bersama dengan nasi merah atau roti gandum. Tambah porsi sayuran dan buah dalam menu harian, lebih banyak dibanding biasanya. Hal ini disarankan oleh Psychology Today, yang memastikan juga supaya perempuan tetap mengonsumsi karbohidrat untuk mempertahankan level energi tetap baik.
  • Selama menstruasi, ada baiknya kamu makan 4 sampai 5 kali sehari dalam porsi kecil, daripada makan 3 kali sehari dengan porsi wajar. Pengaturan pola makan seperti ini ampuh mencegah kemungkinan penurunan level energi yang membuatmu jadi kelelahan di antara waktu makan utama.
  • Kurangi minuman berkarbonasi, jus instan dan kopi sampai waktu makan siang. Hindari juga minuman beralkohol selama menstruasi karena akan menyebabkan kamu jadi susah tidur, sehingga kelelahan saat bangun pagi berikutnya.
  • Minum cukup air minimal 8 gelas per hari. Jangan biarkan tubuhmu mengalami dehidrasi, karena kondisi ini memicu turunnya level energi dan menyebabkan kelelahan.
  • Lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki minimal selama 30 menit sehari. Cara ini bisa meningkatkan denyut jantung, memicu pengeluaran keringat, dan meningkatkan level energi. Setelah berolahraga, seseorang biasanya bakal tidur malam lebih cepat, lebih berkualitas dan lebih segar keesokan harinya.

Ternyata nggak susah kan, menjaga tubuhmu supaya tetap semangat selama menstruasi? Jangan lupa untuk terapkan tips-tips di atas, tiap kamu lagi menstruasi ya! Yuk, siap-siap sambut hari baru lebih berenergi, Girls!

Share info ini ke teman-teman dekatmu yuk, supaya mereka nggak gampang capek pas lagi menstruasi!

Related Articles

Adulthood
14 Oct 2019

Kesehatan Reproduksimu Ternyata Ditentukan Sejak Masih Janin lho!

Girls, ternyata di masa pertumbuhan diketahui janin sangat peka merespons berbagai rangsangan lho! H...
Adulthood
01 Feb 2020

Darah Menstruasiku Hitam, Normal Nggak sih?

Girls, saat menstruasi, normalnya darah yang keluar akan berwarna merah terang atau gelap, iya kan? ...
Adulthood
08 Aug 2019

Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Tetap Bisa Hamil kok!

Salah satu hal yang bisa jadi masalah saat kamu lagi merencanakan program kehamilan adalah siklus me...