Tetap Kering, Bebas Iritasi!
ask dr laurier

Tetap Kering, Bebas Iritasi!

Tetap Kering, Bebas Iritasi!

29 Oct 2019

Tetap Kering, Bebas Iritasi!

Kamu pasti sering dengar kan, kalau area genital itu nggak boleh sampai lembap? Nah, makanya kamu harus mengeringkannya dengan benar setiap kali sehabis mandi, BAK, atau BAB. Kamu harus benar-benar memastikannya kering, tapi jangan sampai iritasi ya, Girls! Terus, gimana caranya biar kering tapi nggak iritasi?

  • Toilet paper, atau tisu gulung yang khusus ada di toilet adalah alat yang tepat dipakai untuk mengeringkan area vagina setelah BAK atau BAB, atau juga setelah dibersihkan saat akan mengganti pembalut.
  • Keringkan dengan sekali atau dua kali mengusap aja. Mengelap berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit ari di sekitar area vagina yang memicu luka, sehingga risiko infeksi meningkat, terjadi pembengkakan dan gatal-gatal.
  • Kalau kamu merasa perlu mengelap lebih dari dua kali, sebaiknya pakai tisu basah yang nggak mengandung pewangi. Tisu yang lembap akan mengurangi gesekan saat lagi membersihkan, sehingga meminimalisir terjadinya iritasi.

Kamu juga harus ingat untuk mengelap dengan gerakan dari arah depan ke belakang. Kalau kamu mengelap dari arah belakang ke depan, maka bisa memindahkan bakteri dari saluran pembuangan ke area vagina, sehingga justru meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

Simple banget kan, Girls? So, mulai sekarang jangan lupa lakukan tips-tips di atas, supaya area vaginamu tetap kering dan terhindar dari iritasi! Share juga info ini ke teman-temanmu ya!

Related Articles
Adulthood
21 Aug 2019

Miss V Bau? Nggak Banget deh!

Kamu pastinya merasa risi kalau miss v tiba-tiba beraroma nggak sedap, padahal lagi nggak menstruasi...
Adulthood
20 Jul 2019

Post-Menstrual Syndrome VS Pre-Menstrual Syndrome

Girls, kamu udah tau kan, istilah PMS atau Pre-Menstrual Syndrome? Yap! PMS adalah gejala-gejala yan...
Adulthood
14 Aug 2014

Kok Darah Menstruasiku Menggumpal… Kenapa ya?

Saat menstruasi, mungkin kamu suka bertanya-tanya, kenapa darah menstruasiku menggumpal ya? Terus ka...