Tetap Cantik Saat Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tetap Cantik Saat Menstruasi

Tetap Cantik Saat Menstruasi

25 Jun 2019

Tetap Cantik Saat Menstruasi

Kalau lagi menstruasi biasanya cewek nggak cuma mengeluh soal nyeri perut aja, tapi juga soal penampilannya. Benar nggak, Girls? Mulai dari muncul banyak jerawat, rambut jadi berminyak dan kulit yang keliatan kusam, bisa bikin penampilanmu jadi nggak OK banget, deh!

Pas lagi menstruasi, kadar hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh bakalan turun, tapi kadar hormon testosteron malah meningkat pesat. Kondisi ini bisa memengaruhi banyak hal, salah satu dampaknya adalah memicu sebaceous, yaitu kelenjar minyak di bawah kulit, jadi bekerja lebih aktif. Akibatnya, kulit jadi gampang berminyak. Pada wajah, hal ini bisa bikin sel kulit jadi cepat mati dan kotoran juga gampang menempel, yang menyebabkan pori-pori tertutup dan menimbulkan jerawat. Pada kulit kepala, produksi minyak berlebih bakal mengalir ke batang rambut, sehingga rambut jadi lepek plus susah diatur.

Tapi sebenarnya, segala gangguan ini bisa kamu atasi dengan melakukan tips-tips berikut, lho!

  • Kulit kusam

Gangguan kesehatan kulit ini disebabkan oleh turunnya kadar estrogen pas menjelang dan selama masa menstruasi. Akibatnya, kulit jadi kering, tipis dan kusam. Tapi kamu nggak perlu cemas, kamu bisa melakukan perawatan ringan supaya terhindar dari kondisi ini.

  • Penuhi kebutuhan air. Jangan biarkan tubuhmu mengalami dehidrasi, Girls! Tubuh yang kekurangan cairan bakal memengaruhi tingkat kelembapan kulit. Kamu harus memenuhi kebutuhan air sebanyak 8 gelas per hari, biar kulitmu tetap segar dan cantik!
  • Pakai masker. Pilih masker produk alami yang mengandung silica dan kolagen untuk mencegah kulit kering. Kamu juga bisa memakai day and night cream supaya kulitmu keliatan lebih cerah dan nggak kusam.
  • Pakai pelembap. Sebaiknya, kamu memakai pelembap setiap habis mandi supaya kulitmu nggak pecah-pecah. Karena kulit yang gampang terkelupas bisa memicu peradangan dan iritasi.
  • Mandi. Karena Indonesia berada di wilayah tropis, so, kamu sangat disarankan supaya mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuhmu. Selain itu, kulitmu juga jadi lebih fresh, wangi dan cantik!
  • Muncul jerawat

Kalau pas bangun tidur kamu ngeliat ada jerawat yang puncaknya menguning di wajahmu, jangan pernah iseng buat memegangnya dengan tangan yang nggak bersih ya, Girls! Hal ini bisa membuat jerawat di wajahmu jadi makin banyak. Dibanding kayak gitu, lebih baik kamu melakukan langkah-langkah ini:

  • Ambil kapas, celupkan ke air panas, kompreskan pada jerawat selama 10 menit. Cara ini bakalan ampuh membuat isi jerawat berkumpul ke permukaan kulit, jadi bisa lebih gampang pas mau dikeluarkan.
  • Oleskan krim atau salep yang mengandung Salicylic acid ke permukaan jerawat. Biarkan selama beberapa detik supaya bisa terserap kulit.
  • Tekan ke dua sisi jerawat dengan kapas steril sampai isi jerawat udah siap keluar, supaya jerawat jadi lebih gampang keluar.
  • Kalau isi jerawat belum keluar juga, coba kompres dengan es selama 10 menit biar jerawat jadi kempes.
  • Supaya jerawat nggak terlalu keliatan, sebelum memakai bedak, kamu bisa tutupi jerawat dengan krim jerawat yang sewarna sama kulitmu, lalu pakai juga concealer. Nggak usah terlalu tebal, supaya tetap keliatan wajar.
  • Bad hair day

Batang rambut biasanya jadi lebih berminyak dan lepek menjelang dan selama menstruasi. Perawatan yang dilakukan nggak cuma sekadar keramas di pagi atau sore hari aja, tapi pas mau tidur malam pun rambut perlu perlakuan khusus lho, Girls. Nah, biar terhindar dari bad hair day, kamu bisa melakukan cara-cara berikut:

  • Pastikan rambutmu bersih menjelang tidur. Kalau kamu memakai produk penataan rambut, sebaiknya kamu bersihkan dulu sebelum tidur. Kalau nggak, nanti rambutmu bakalan kaku keesokan harinya, dan juga bisa menyebabkan rontok plus gatal di kulit kepala.
  • Sisir rambut. Jangan tidur dengan rambut yang kusut, karena besoknya rambutmu bakalan kusut dan rontok. Sebaiknya, pas menjelang tidur, sisirlah rambutmu dengan sisir yang bergigi jarang.
  • Pakai pelembap. Kalau rambutmu kering atau ujungnya pecah, sebaiknya sebelum tidur kamu berikan pelembap pada ujung-ujung rambutmu, supaya rambut terasa lembut dan nggak kaku di keesokan hari.
  • Pakai sarung bantal yang bahannya lembut. Pas lagi tidur, rambutmu pasti bergesekan sama bantal, kan? Kalau bantal yang kamu pakai berbahan kasar, malah bisa membuat batang rambutmu jadi kusut.
  • Cek kondisi rambut pas bangun pagi saat menstruasi. Kalau rambutmu keliatan berminyak, maka kamu harus keramas. Sebaiknya, lakukan sebanyak dua kali supaya rambutmu benar-benar terbebas dari minyak.
  • Jangan pakai vitamin rambut atau sesuatu untuk menata rambut. Cukup keringkan rambut seperti biasa, dan pakailah hair dryer dengan suhu sedang.
  • Jangan keramas setiap hari. Kalau rambutmu masih keliatan berminyak, coba taburkan bedak bayi yang nggak mengandung pewangi pada rambut. Biarkan beberapa saat, lalu sisir sampai bedaknya nggak keliatan lagi di permukaan rambut, dan atur rambutmu seperti biasa.
  • Pakai shampoo yang mengandung pelembap dan nutrisi. Kalau rambutmu terlihat berminyak banget, coba pakai shampoo yang ada pelembap dan nutrisinya supaya kulit kepalamu nggak kering.

Gimana, Girls? Kamu emang nggak bisa menghindari perubahan kadar hormon yang memengaruhi penampilanmu setiap menstruasi, tapi kamu tetap bisa menyiasatinya, kan? Kamu bisa tetap keliatan cantik dan pede beraktivitas selama menstruasi! Enjoy your day, dear!

Kamu punya tips lain? Tulis yuk, di kolom komentar! Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman cewekmu ya, supaya mereka juga bisa tampil cantik pas menstruasi sama sepertimu!

Related Articles

Adulthood
31 Oct 2019

Kok Gatal sih?

Kamu pernah nggak sih, merasa gatal di area tubuhmu, dan mau menggaruk tapi kamu lagi ada di tempat ...
Adulthood
28 Aug 2019

Cari Tau Lebih Banyak Tentang Masa Subur yuk!

Girls, kamu tau nggak sih, maksud dari masa subur itu apa? Kalau di antara kamu ada yang belum tau, ...
Adulthood
10 Oct 2019

Beda Kondisi, Beda Juga Penyebabnya!

“Kenapa sih, menstruasiku bisa telat dari siklus biasanya?” Kamu pasti sering berpikir s...