Telat Menstruasi? Coba Atasi Dengan Hal Ini!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Telat Menstruasi? Coba Atasi Dengan Hal Ini!

Telat Menstruasi? Coba Atasi Dengan Hal Ini!

14 Nov 2020

Telat Menstruasi? Coba Atasi Dengan Hal Ini!

 Haid, menstruasi, tamu bulanan, atau apapun sebutannya adalah kondisi normal dalam proses perkembangan kewanitaan. Saat menstruasi, wanita mengalami pendarahan vagina sekitar 2-7 hari. Tapi ada juga yang lebih dari itu. Periode ini terjadi setidaknya sebulan sekali. Sedangkan siklus haid normal umumnya 28-35 hari. Namun, nyatanya hal ini tidak terjadi pada semua wanita. Ada juga yang mengalami menstruasi yang tidak lancar. Kadang tidak rutin sebulan sekali, bisa dua bulan atau tiga bulan sekali. Ada berbagai penyebab atau alasan mengapa wanita mengalami menstruasi tidak teratur. Misalnya: stres berkepanjangan, efek samping obat-obatan, dan masih banyak lagi. Padahal, banyak sekali alasan wanita mengalami menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur. Tetapi, ada juga banyak cara alami dan cepat untuk mengatasinya. Gimana sih Girls caranya? Coba baca hal-hal berikut ini!

1. Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki rasa yang pahit dan sebagian orang tidak menyukainya karena rasanya. Namun ternyata daun ini memiliki banyak khasiatnya, lho! Kandungannya baik untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung banyak vitamin seperti A, B, C, D, dan E serta kalsium.

Cara melancarkan haid dengan daun pepaya adalah:

a. Ambil daun pepaya secukupnya, lalu rebus.

b. Tambahkan asam jawa dan garam dengan dua gelas air mineral.

c. Rebus hingga airnya tinggal satu gelas saja.

d. Minum ramuannya.

e. Ramuan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengurangi nyeri menstruasi

2. Kunyit

Kunyit sering digunakan untuk bumbu dapur dan untuk jamu tradisional kunyit juga dipercaya dapat mengobati menstruasi yang tidak teratur. Kunyit mengandung senyawa obat yaitu kurkumin. Senyawa ini bermanfaat sebagai anti inflamasi dan anti oksidan. Cara melancarkan haid dengan kunyit adalah dengan meminum jamu yang menggunakan ramuan kunyit. 

3. Jus Wortel

Sayuran wortel memang sudah terkenal dengan khasiat dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi serta vitamin C, kalsium, dan zat besi akan membantu tubuh agar hormon dalam tubuh tidak terganggu. Jika kamu rutin minum jus wortel dengan sedikit atau tanpa gula,kamu bisa menggunakannya sebagai cara efektif untuk memulai menstruasi.

4. Jahe

Jahe mengandung banyak zat dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Isinya antara lain minyak atsiri, vitamin A, B2, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, natrium, fosfor, dan niasin. Kamu juga bisa menggunakan jahe sebagai cara melancarkan menstruasi secara alami. Untuk melancarkan menstruasi, usahakan rutin minum air jahe yang diseduh dengan madu setiap hari.

5. Air Kelapa Hijau

Kamu bisa memanfaatkan air kelapa hijau yang mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, dan anti virus. Juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu sehingga akan membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Tentunya pilihan tepat jika kamu menggunakan air kelapa muda untuk digunakan sebagai cara melancarkan haid 

Related Articles

Adulthood
12 Jul 2019

4 Cara Supaya Kamu Nggak Gampang Ngantuk Pas Menstruasi

Kamu sadar nggak sih, Girls, pas menstruasi, kamu jadi lebih gampang mengantuk? Padahal malamnya uda...
Adulthood
29 May 2019

Jaga Kadar Gulamu Sebelum Menstruasi!

Kamu sadar nggak sih, Girls, kalau pas lagi menstruasi itu kamu nggak cuma mengalami kram, kembung d...
Adulthood
24 Sep 2019

Siklus Menstruasi Bisa Ditunda Nggak sih?

Mungkin kamu belum tau nih, Girls, ternyata siklus menstruasi itu bisa ditunda lho! Menunda siklus m...