Susah BAB Pas Menstruasi? Ini Solusinya!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Susah BAB Pas Menstruasi? Ini Solusinya!

Susah BAB Pas Menstruasi? Ini Solusinya!

18 Jul 2019

Susah BAB Pas Menstruasi? Ini Solusinya!

Girls, ternyata makanan yang tepat dan pola hidup yang baik bisa mengatasi susah BAB pas menstruasi, lho! Ada jenis makanan yang baik dikonsumsi dan yang harus kamu hindari selama menstruasi, supaya BAB tetap lancar. Kira-kira apa aja ya?

  • Kacang-kacangan dan polong-polongan. Bahan makanan ini mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga bisa menambah air ke dalam proses pengolahan makanan di dalam sistem pencernaan. Jadi, sisa olahan makanan nggak bakal mengeras dan lebih gampang keluar dari sistem pencernaan menuju ke saluran pembuangan. Cara paling praktis mengonsumsi kacang-kacangan atau polong-polongan adalah yang berbentuk kemasan kaleng. Kamu tinggal memasukkannya ke dalam air mendidih, lalu tambahkan ke dalam salad atau nasi goreng.

  • Kurangi garam dan gula. Kalau kamu sering mengonsumsi fast food atau makanan cepat saji seperti burger, ayam goreng, sosis, dan lain-lain, sebaiknya kamu kurangi dulu pas menstruasi. Karena jenis makanan ini mengandung kadar garam dan gula yang relatif tinggi, sehingga bisa memengaruhi keseimbangan kadar hormon serta kerja sistem pencernaan.

  • Minum cukup air. Penting banget nih, buat memenuhi kebutuhan cairan tubuh! Karena cara ini bisa memastikan seluruh fungsi dan organ tubuh bekerja secara optimal, termasuk sistem pencernaan yang membutuhkan air untuk menguraikan makanan di dalam usus. Cairan yang cukup bisa membuat sisa olahan di dalam sistem pencernaan nggak terlalu padat, dan lebih gampang didorong melalui saluran pembuangan. Cara paling praktis memastikan asupan cairan tubuhmu terpenuhi adalah dengan selalu membawa botol air minum sepanjang hari. Supaya kamu selalu ingat untuk minum.

  • Berolahraga. Saat tubuhmu lagi bergerak, maka sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Termasuk ke rongga panggul dan usus besar, yang artinya bisa membantu meredakan gangguan PMS, serta konstipasi. Apapun jenis olahraga yang kamu lakukan, usahakan menambah 10 - 15 menit setiap kali dilakukan ya!

Setelah baca info ini, kamu jadi tau kan, kalau susah BAB pas menstruasi itu nggak perlu pakai cara khusus untuk diobati? Lakukan aja empat hal di atas, terutama mengonsumsi air dan makanan berserat. Supaya sisa makanan gampang dikeluarkan oleh tubuh, jadi kamu tetap nyaman dan sehat selama menstruasi!

Kamu punya cara lain untuk mengatasi masalah ini? Tulis aja di kolom komentar ya! Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu biar mereka tau apa aja solusi untuk susah BAB pas menstruasi!

Related Articles

Adulthood
18 Sep 2019

Siklus Menstruasi yang Nggak Teratur VS Polusi Udara

Girls, kamu perlu tau nih, kalau kualitas udara yang buruk seperti sekarang ini, ternyata bisa memic...
Adulthood
29 Jul 2019

Kenalan Sama Pap Smear yuk!

Girls, kamu pernah dengar tentang Pap smear nggak? Pap smear adalah tes yang dilakukan untuk mendete...
Adulthood
03 Dec 2019

3 Tips Supaya Nggak Ngantuk Saat PMS!

Kamu pernah mengalami susah tidur pas menjelang menstruasi nggak, Girls? Ternyata itu salah satu ben...