Solusi Aktif Saat Menstruasi Deras
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Solusi Tetap Aktif Pas Lagi Menstruasi Ekstra Deras

Solusi Tetap Aktif Pas Lagi Menstruasi Ekstra Deras

19 May 2021

Solusi Tetap Aktif Pas Lagi Menstruasi Ekstra Deras

Mengalami hari-hari menstruasi yang ekstra deras memang menyebalkan ya girls. Apalagi kalau dibarengi sama pusing dan sakit perut. Tapi hal ini bukan berarti kamu jadi mager dan gak bisa beraktivitas seperti biasa ya. Nah, berikut ini adalah solusi agar kamu bisa tetap aktif walaupun menstruasi sedang ekstra deras.

 

Penyebab sedikit dan banyaknya volume darah menstruasi

     

        Darah yang keluar saat seorang wanita lagi menstruasi memang gak selalu sama. Kadang jumlahnya sedikit, hanya berupa flek-flek cokelat yang selesai dalam 3 hari. Tapi bisa juga di bulan berikutnya jadi sangat banyak dan berupa gumpalan. Nah, apa penyebab dari hal itu?
        dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, dokter spesialis kandungan dari RSUD Leuwiliang Bogor menjelaskan bahwa gangguan menstruasi terjadi karena volume darah menstruasi dibedakan menjadi dua, yaitu hipomenorrhea dan hipermenorhhea.
        Hipomenorrhea terjadi jika volume darah menstruasi kurang dari 3 pembalut sehari, sedangkan hipermenorhhea jika volume darah menstruasi lebih dari 5 pembalut sehari. Akan tetapi dalam perjalanannya, terminologi hipermenorrhea dijadikan satu dengan menorrhagia, yaitu jika lama haid lebih dari 7 hari atau volume darah haid lebih dari 80 cc (5 pembalut lebih dalam sehari).
        dr Irfan menambahkan, penyebab dari sedikitnya volume darah menstruasi atau lamanya menstruasi kurang dari 3 hari, misalnya kelainan bawaan dari rahim yang kecil (hipoplasia), kelainan hormon karena rendahnya hormon estrogen-progesteron.
        Sementara itu, kasus menorrhagia bisa disebabkan kelainan pada rahim karena adanya tumor mioma, kelainan pembekuan darah (penyakit hemofilia) atau pengaruh hormon yang berlebihan, baik hormon estrogen maupun progesteron.
        “Dengan adanya gangguan menstruasi tersebut, harus dilihat apakah pada siklus menstruasinya bisa terjadi ovulasi atau tidak. Hal ini akan sangat mempengaruhi kesuburan wanita untuk bisa hamil atau tidak. Secara umum penatalaksaan pada wanita dengan gangguan haid adalah memperbaiki keadaan umum, menghentikan perdarahan, dan mengembalikan fungsi hormon reproduksi,” tambah dr Irfan.
        Sementara itu, dr Frizar Irmansyah, SpOG, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina menuturkan kalau banyak sedikitnya darah menstruasi yang keluar paling banyak dipengaruhi oleh penebalan dinding rahim, yang bisa diketahui lewat USG.
        Tapi, menurutnya, gaya hidup seorang wanita sangat mempengaruhi pola haidnya. Misalnya konsumsi makanan berlemak seperti keju dan susu, makanan-makanan itu merupakan bentuk sumber estrogen. Terlalu banyak mengonsumsi makanan itu cenderung meningkatkan estrogen dalam darah, meskipun gak selalu, sehingga darah menstruasi mungkin akan menjadi lebih banyak.
        "Gak masalah darah haid mau banyak atau sedikit, yang penting teratur. Jaga kondisi tubuh, jangan terlalu gemuk, perbanyak olahraga, dan perbanyak konsumsi makanan berserat," pesan dr Frizar.

 

Nyeri yang dirasakan pas menstruasi ekstra deras

  
Kamu perlu tahu bagian mana yang mengalami nyeri saat mengalami menstruasi ekstra deras maupun yang biasa. Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang bisa terasa nyeri saat menstruasi terjadi:

  1. Perut
    Salah satu bagian tubuh yang kerap terasa nyeri saat haid terjadi dan paling umum terjadi adalah perut. Gejala ini bisa terjadi dalam beberapa hari sebelum perdarahan hingga saat menstruasi tiba. Gangguan nyeri ini bisa berkisar dari ringan hingga berat dan mampu mengganggu rutinitas harian. Rasa nyeri tersebut pun dapat menyebar ke punggung dan paha.
     
  2. Payudara
    Bagian tubuh lainnya yang bisa terasa nyeri sebelum atau saat menstruasi terjadi adalah payudara. Kamu akan merasakan dada terasa bengkak dan timbul nyeri saat disentuh. Hal ini terjadi ketika kadar estrogen pada tubuh meningkat, begitu juga dengan hormon prolaktin. Semua itu dapat memengaruhi payudara untuk memproduksi air susu yang memang berhubungan dengan kehamilan.
     
  3. Nyeri Kepala
    Kamu juga bisa merasakan nyeri pada kepala sebagai bagian dari dampak saat menstruasi terjadi. Terkadang, sakit kepala yang terjadi sangat sakit dan membuat kesulitan beraktivitas. Hal ini terjadi akibat perubahan dari kadar estrogen yang membuat hormon di otak terganggu. Akhirnya, nyeri pada kepala terjadi sebagai gejala dari haid.

Itu dia beberapa bagian tubuh yang bisa mengalami nyeri ketika menstruasi terjadi. Dengan mengetahui dampak yang biasa terjadi saat menstruasi, kamu tentu dapat mengambil langkah cepat untuk mencegahnya lebih parah.

 

Cara tetap aktif pas menstruasi ekstra deras

Walaupun menstruasi kamu lagi deras-derasnya, bukan berarti kamu jadi gak bisa berbuat apa-apa ya. Nah, sebagai masukan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap aktif walaupun lagi menstruasi ekstra deras. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan nih, girls! Kita mulai dari yang pertama ya.

  1. Olahraga
    Pas kamu lagi bergerak aktif, tubuh akan terpancing untuk melepaskan endorfin. Nah, hormon ini merupakan obat penghilang rasa sakit yang alami, sehingga dapat membantu meredakan nyeri dan meningkatkan mood. Eh, tapi bagaimana kalau kamu gak kuat saat olahraga? Menurut Nina S. Stachenfeld, Ph.D, ahli ginekologi dari Yale University of Medicine, fluktuasi hormonal saat menstruasi gak akan pengaruh terhadap ketahanan tubuh. Tapi, kamu bisa tetap bergerak aktif seperti sebelumnya.
    Namun, kalau kamu memang merasa lemas, jangan terlalu memaksakan diri ya. Silakan ambil waktu sehari untuk beristirahat. Atau pilihlah aktivitas fisik yang tak terlalu berat, seperti berlari santai, yoga tapi hindari pose-pose sulit, dan berenang.
     
  2.  Minum cukup air
    Kamu sering uring-uringan pas lagi menstruasi ekstra deras? Teguklah segelas air putih agar lebih rileks. Nyeri perut? Coba hilangkan dengan air putih sembari melakukan cara lain. Intinya, minum air putih lebih banyak kalau kamu lagi menstruasi.
    Yang perlu kamu tahu, kekurangan air dalam tubuh akan meningkatkan retensi air, yang kemudian berisiko memperburuk kram perut. Kamu juga bisa merasa lemas dan sulit berkonsentrasi.
    Sebagai solusi, silakan minum air hangat untuk meringankan kram perut kamu ketimbang air dingin. Hal ini karena air hangat bisa meningkatkan aliran darah ke kulit dan menenangkan otot-otot yang kram. Jadi, bawalah botol berisi air hangat ke manapun kamu pergi agar tetap terhidrasi dan nyaman saat menstruasi.
     
  3. Jauhi kopi dan cokelat
    Kopi dan cokelat memiliki kafein yang bersifat vasokonstriktor, sehingga dapat menegangkan uterus dan membuat kram makin parah. Selain itu, kafein juga dapat menaikkan tensi yang lagi kamu alami lho, girls!
    Untuk kamu yang suka koi dan cokelat, sabar ya. Tunggu sampai menstruasi kamu reda, baru bisa mengonsumsinya seperti biasa. Tapi kalau kamu memang sedang “ngidam” cokelat, ganti aja cokelat susu dengan dark chocolate yang memiliki lebih dari 70 persen kokoa.
    Selain itu, wanita yang sedang menstruasi juga sebenarnya disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah gula, buah dan sayur segar, gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
     
  4. Kompres hangat
    Pas menstruasi ekstra deras datang, kamu mungkin jadi lebih mudah sedih dan gelisah. Apalagi kalau nyeri perut datang bertubi-tubi. Nah, salah satu hal yang kamu perlukan dalam kondisi seperti ini adalah kehangatan. Ya, kehangatan dari kompres hangat!
    Hal ini seperti yang dibuktikan oleh para ilmuwan dari University College London. Mereka menemukan bahwa mengaplikasikan sesuatu yang hangat pada perut saat kram gak cuma bisa memberikan kelegaan, tetapi juga bisa berfungsi sebagai obat pereda nyeri. Suhu yang diujicoba untuk penelitian tersebut adalah sekitar 40 derajat celsius.  
    Kalau gak punya kompres hangat, kamu bisa juga mandi air hangat untuk membantu mengurangi nyeri perut. Kamu bisa menambahkan aromaterapi agar lebih nyaman dan menyenangkan.
     
  5. Pijat
    Tahu gak kamu kalau melakukan terapi pijat selama 20 menit bisa membantu menyurutkan nyeri menstruasi? Oh iya, sebelum sesi pijat, katakan kepada terapis untuk lebih berhati-hati terhadap area perut, terutama kalau kamu sedang merasa kram. Selain itu, kamu juga bisa meminta terapis untuk menggunakan minyak aromaterapi untuk efek yang menenangkan.  Nah, yuk segera pergi ke tempat spa favorit agar kamu bisa rileks sembari menikmati pijatan sang terapis.
     
  6. Jalani hobi
    Pas lagi menstruasi ekstra deras, kamu sebaiknya menjalani hobi yang bikin mood kamu senang. Misalnya, makan makanan kesukaan, menonton film, membaca buku, atau bermain game.
    Agar bisa menjalani semua aktivitas dengan nyaman pas lagi menstruasi ekstra deras, kamu perlu menggunakan celana menstruasi.         
                                                         
    Sebagai rekomendasi, kamu perlu coba Laurier Celana Menstruasi. yang akan memberikan proteksi bebas bocor 360 derajat, dengan daya serap 5 kali pembalut malam. Gak cuma itu, Laurier Celana Menstruasi memiliki bentuk yang tipis dan selembut celana dalam katun dengan karet pinggang yang nyaman dan fit dengan bentuk badan. Dengan Laurier Celana Menstruasi, kamu akan mendapatkan perlindungan penuh untuk menstruasi ekstra deras. Artinya sekarang kamu bisa tetap nyaman dan bebas khawatir di semua momen ekstra!

     

 

Related Articles

Adulthood
29 Jul 2019

Pergi Liburan Pas Menstruasi? Siapa Takut?!

Pergi liburan bakal jadi menyenangkan banget kalau nggak ada hal yang mengganggu. Setuju nggak, Girl...
Adulthood
28 Jun 2021

Jenis Alat Kontrasepsi dan Efek Pada Siklus Menstruasi

Mungkin diantara kamu sering mengalami gangguan menstruasi seperti telat datang bulan. Untuk yang su...
Adulthood
20 Jul 2019

Cemilan Tepat untuk Tubuh Sehat

Kalau mendekati waktu menstruasi, pasti kamu sering banget merasa ingin ngemil? Betul nggak, Girls? ...