ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Tetap Bisa Hamil kok!

Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Tetap Bisa Hamil kok!

08 Aug 2019

Siklus Menstruasi Nggak Teratur? Tetap Bisa Hamil kok!

Salah satu hal yang bisa jadi masalah saat kamu lagi merencanakan program kehamilan adalah siklus menstruasi yang nggak teratur. Benar nggak, Girls? Karena hal itu bisa membuatmu susah dalam menentukan masa suburmu. Tapi kamu nggak perlu khawatir, Girls, karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini supaya kamu tetap bisa hamil. Apa ya, caranya?

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter spesialis ginekolog. Nanti dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk memastikan kadar hormon reproduksi dan tiroidmu. Hasil pemeriksaan ini akan menjadi dasar untuk merancang terapi pengatur siklus menstruasimu. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuhmu.

Kalau kadar hormonmu ternyata normal, biasanya dokter akan memberikan hormon progesteron untuk mengatur menstruasimu. Tapi, kalau siklus menstruasimu masih nggak teratur, maka akan diberikan obat yang bisa mengatur terjadinya ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur). Setelah mengonsumsi obat itu, dipastikan sel telur akan keluar antara hari ke 14 – 16 terhitung sejak menstruasi terakhir. Di waktu yang sama, dokter juga akan menyarankan supaya kamu melakukan hubungan intim dengan pasanganmu.

Di hari ke-21, biasanya kamu disarankan melakukan pemeriksaan darah ke lab untuk memastikan hasil pembuahan. Selain dengan cara itu, kamu juga bisa menunggu sampai siklus menstruasi selanjutnya. Kalau menstruasimu telat, coba pakai testpack untuk mendeteksi hormon pertumbuhan yang cuma diproduksi saat ada janin di dalam rahimmu.

Nah, semua langkah itu kurang lebih dilakukan selama enam bulan berturut-turut dan biasanya dokter akan meminta kamu dan pasangan supaya nggak gampang menyerah. So, kalau kamu lagi dalam program kehamilan, jangan resah cuma karena siklus menstruasimu nggak teratur ya! Kamu bisa coba lakukan cara seperti di atas, supaya program kehamilanmu terwujud, Girls!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
29 Oct 2019

Si Tipis yang Bikin Bebas Lembap

Organ reproduksimu selalu terasa lembap, Girls? Tenang aja, kamu bukan satu-satunya yang mengalami h...
Adulthood
12 Nov 2021

10 Manfaat Berhubungan Seks: Bisa Lancarkan Siklus Menstruasi!

Berhubungan badan menjadi salah satu kebutuhan bagi pasangan yang sudah menikah. Bukan hanya untuk m...
Adulthood
15 Mar 2020

Cek yuk, Apakah Kamu Udah Memasuki Periode Ovulasi atau Belum?

Kapan sih, aku mulai memasuki periode ovulasi belum ya? Nah, dibanding kamu pusing memikirkannya, le...