Siklus Menstruasi Berubah? Pasti Ulah 8 Hal Ini!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Siklus Menstruasi Berubah? Pasti Ulah 8 Hal Ini!

Siklus Menstruasi Berubah? Pasti Ulah 8 Hal Ini!

06 Sep 2019

Siklus Menstruasi Berubah? Pasti Ulah 8 Hal Ini!

Kalau selama satu tahun siklus menstruasimu udah berlangsung teratur, dan tiba-tiba jadi nggak teratur, sebaiknya kamu waspada, Girls! Karena kalau kamu nggak mengalami menstruasi pas periode produktif, ternyata ada beberapa penyebabnya lho! Kalau kamu lagi merencanakan kehamilan, berarti menstruasi yang nggak kunjung datang atau justru telat beberapa hari dibanding siklus normal, bisa aja jadi pertanda udah terjadinya pembuahan. Tapi kalau misalnya nggak, bisa jadi kamu lagi mengalami salah satu dari kondisi di bawah ini:

  1. Perubahan berat badan

Terlalu gemuk, terlalu kurus, atau cepat gemuk dan kurus selama berulang-ulang adalah salah satu faktor pengacau siklus menstruasi. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hormon dalam tubuhmu. Makanya, lebih baik kamu selalu mempertahankan berat tubuh normalmu, karena tubuh perlu cadangan lemak yang wajar untuk bisa mengatur siklus menstruasi.

  1. Stres

Tekanan emosi, atau stres bisa mengacaukan siklus menstruasimu, Girls. Stres bisa dialami kalau kamu tidur terlalu malam selama beberapa hari, kecapekan, atau cemas karena sesuatu hal. Memikirkan menstruasi yang nggak datang-datang juga bisa bikin kamu jadi stres lho! Saat stres, tubuhmu akan memproduksi kortisol dalam jumlah besar. Akibatnya, keseimbangan kadar hormonmu bakal terganggu, sehingga menunda terjadinya menstruasi. Sebaiknya, kamu langsung atasi kondisi ini dengan melakukan relaksasi, olahraga, mendengarkan lagu favorit, dan tidur yang cukup supaya siklus menstruasimu bisa teratur lagi. Tapi kamu harus ingat ya, jangan sampai melakukan olahraga yang berlebihan, karena itu malah semakin mengganggu siklus menstruasimu!

  1. Salah liburan

Kamu percaya nggak, kalau liburan atau jalan-jalan ke tempat baru malah bisa ganggu siklus menstruasimu? Perubahan iklim, makanan, atau berada di zona waktu yang berbeda dari zona waktu tempat tinggalmu ternyata bisa bikin siklus menstruasimu jadi kacau lho! Makanya, pas travelling jangan lupa bawa pembalut ya, Girls! Supaya kamu selalu siap siaga kalau tiba-tiba menstruasi datang!

  1. Efek obat-obatan

Para ahli kesehatan udah memastikan kalau obat yang diminum akibat sakit tertentu bisa menyebabkan tertundanya menstruasi atau mengubah siklus, karena punya efek samping yang memengaruhi keseimbangan kadar hormon tubuhmu. Makanya, kalau kamu lagi sakit dan mengonsumsi banyak obat, terus tiba-tiba nggak menstruasi, sebaiknya nggak perlu cemas ya, Girls. Karena itu adalah efek dari obat yang kamu minum. So, kalau kamu berkonsultasi ke dokter, jangan lupa untuk jelaskan kondisi ini sebagai info untuk dipertimbangkan sama dokter ya!

  1. Efek Kontrasepsi

Tambahan hormon ke dalam tubuh, dalam bentuk apapun, termasuk penggunaan pil dan suntikan kontrasepsi malah bisa menyebabkan kondisi kadar hormonmu jadi nggak seimbang, dan mengganggu siklus menstruasimu.

  1. Gangguan kesehatan reproduksi

Infeksi klamidia dan polip pada organ reproduksi adalah jenis-jenis gangguan kesehatan reproduksi yang bisa mengacaukan siklus menstruasi. Biasanya menstruasi dianggap jadi lebih cepat, karena perdarahan akibat infeksi ini terjadi sebelum siklus menstruasi normal.

  1. Perubahan jadwal aktivitas

Ritme kerja yang berubah, misalnya selama ini aktif di pagi hari, lalu berubah jadwal jadi aktif di malam hari, akan memengaruhi keseimbangan kadar hormon, dan akhirnya memicu gangguan siklus menstruasi.

  1. Sakit

Kondisi tubuh yang sakit, secara otomatis bakal menyebabkan kadar hormon tubuhmu jadi nggak seimbang. Tapi kamu nggak perlu cemas, Girls! Karena kondisi ini biasanya bersifat sementara aja kok, dan siklus menstruasimu pasti bakal normal lagi pas kamu udah sembuh. Tapi, kalau menstruasimu tetap nggak teratur padahal kamu lagi nggak sakit, sebaiknya langsung hubungi dokter ya!

Selain kondisi-kondisi ini, sangat mungkin seorang cewek mengalami siklus menstruasi yang nggak teratur sejak pertama kali menstruasinya. Kadang pendek, kadang juga panjang. Kondisi ini merupakan hal yang mungkin dialami karena hormon reproduksi yang dimiliki udah nggak seimbang sejak lahir. Seorang cewek mungkin mengalami kondisi ini karena faktor genetis dari ibunya.

Nah, sekarang udah jelas kan, Girls? Kamu nggak perlu panik lagi ya, kalau siklus menstruasimu tiba-tiba berubah. Lebih baik kamu langsung cek salah satu dari delapan faktor ini, dan berusaha supaya semuanya stabil lagi. Makanya, jangan lupa untuk selalu jaga pola hidup dan kesehatan reproduksimu, supaya siklus menstruasimu tetap teratur, Girls!

Yuk, sebar info ini ke teman-temanmu biar mereka tau apa aja penyebab dari siklus menstruasi yang nggak teratur!

Related Articles

Adulthood
02 Sep 2019

Tingkat Keberhasilan Terapi Progestin Obati Endometriosis

Girls, kamu pasti pernah dengar tentang endometriosis kan? Endometriosis adalah kondisi gangguan kes...
Adulthood
27 Feb 2020

Gejala Gangguan Hormonal PCOS yang Harus Kamu Tahu!

Girls, sebenarnya ada banyak gangguan yang dialami perempuan seiring dengan pertumbuhan tubuhnya, ng...
Adulthood
21 Oct 2019

Info Singkat Tentang PMS

Kata “PMS” pasti udah nggak asing lagi buat kamu kan, Girls? Sebetulnya, PMS itu apa sih...