Siapa Bilang Darah Menstruasi Selalu Cair?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Siapa Bilang Darah Menstruasi Selalu Cair?

Siapa Bilang Darah Menstruasi Selalu Cair?

31 Oct 2019

Siapa Bilang Darah Menstruasi Selalu Cair?

Kamu sadar nggak sih, ternyata setiap kali menstruasi, yang keluar bukan cuma cairan aja lho! Tapi, ada juga gumpalan-gumpalan. Nah, gumpalan ini warnanya lebih gelap, seperti hitam, merah hati atau kecokelatan. Kalau kamu mengalami hal ini, nggak perlu panik, Girls! Kondisi ini wajar kok, dan akan terus berulang setiap kali kamu menstruasi. Hmm….tapi kenapa bisa ada gumpalan ya?

Darah menstruasi sebenarnya memang nggak cuma terdiri dari cairan aja, Girls. Tapi ada juga unsur padat, yaitu selaput dalam dinding rahim. Setiap siklus reproduksmu, terhitung dari hari pertama menstruasi bulan ini sampai hari pertama menstruasi yang akan datang, sistem reproduksi membentuk lapisan di dinding dalam rahim. Lapisan inilah yang setiap bulannya dibersihkan, dan keluar dalam bentuk darah menstruasi.

Beberapa saat sebelum gumpalan-gumpalan itu keluar, biasanya perut akan terasa lebih nyeri dibanding biasanya. Hal ini menandakan otot perutmu bekerja lebih intens untuk meluruhkan selaput dinding dalam rahim itu. Sekarang kamu udah tau kan, kenapa perutmu kadang terasa nyeri banget pas lagi menstruasi?

So, selama menstruasimu nggak berlangsung lebih dari 10 hari, dan kamu nggak harus mengganti pembalut kurang dari 1 jam setiap hari, maka gumpalan-gumpalan darah yang terlihat saat menstruasi itu sangat wajar kok. Mulai sekarang, jangan panik lagi ya! You are a big girl, already!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka nggak panik kalau melihat gumpalan darah pas lagi menstruasi!

Related Articles

Adulthood
30 Aug 2019

Hati-hati, Vagina Juga Bisa Kena Kanker lho!

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata kanker atau perubahan sel tubuh dari jinak menjadi ganas bisa di...
Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Harus Ketombe sih?

Girls, kamu pasti tau ketombe, kan? Ketombe keliatan seperti serpihan putih, biasanya ada di area da...
Adulthood
29 May 2019

Kamu Sering Susah Tidur? Hati-hati Kena Gangguan Menstruasi!

Bersyukurlah kamu yang bisa tidur nyenyak setiap malam, Girls. Untuk sebagian orang di luar sana, ti...