Serangan Vertigo Saat Menstruasi
ask dr laurier

Serangan Vertigo Saat Menstruasi

Serangan Vertigo Saat Menstruasi

17 Jul 2020

Serangan Vertigo Saat Menstruasi

Kamu pernah mengalami vertigo pas lagi menstruasi nggak, Girls? Kalau pernah, pasti rasanya nggak nyaman banget kan? Kira-kira apa sih, yang menyebabkan kondisi ini terjadi? Sebenarnya kondisi ini bukan termasuk penyakit lho, tapi cuma bagian dari gejala suatu penyakit. Vertigo adalah keluhan sakit kepala yang terasa seolah-olah lingkungan di sekitarmu menjadi berputar. Rasa pusing di kepalamu akan muncul selama menstruasi kalau kamu mengalami gejala vertigo. Kondisi ini bisa berhubungan dengan tekanan darah rendah atau hipotensi yang terjadi saat menstruasi.

Hipotensi adalah tekanan darah rendah yang mengakibatkan jantung, otak, dan semua bagian tubuhmu nggak memeroleh suplai darah yang cukup. Hal inilah yang menyebabkan kamu merasakan pusing dan lemas. Makanya, kamu harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, rajin olahraga, istirahat yang cukup, dan menghindari stres supaya tubuhmu tetap sehat selama menstruasi.

Serangan vertigo yang muncul selama menstruasi bisa diatasi dengan obat vertigo. Tapi ingat ya, kamu harus konsultasi terlebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut, supaya hasilnya lebih maksimal dan nggak memberikan efek samping yang membahayakan tubuhmu. Obat-obatan yang biasa dikonsumsi ada beberapa jenis, yaitu:

  • Antikolinergik atau parasimpatolik
  • Simpatomimetik
  • Antihistamin
  • Penenang minor dan mayor
  • Kombinasi dari keempat jenis obat-obatan di atas

Kalau kamu nggak terbiasa atau nggak mau mengonsumsi obat, serangan vertigo juga bisa diatasi dengan melakukan hal-hal berikut kok.

  • Berbaring sebentar di ruangan yang tenang dan gelap untuk mengurangi rasa pusing yang berputar
  • Kalau serangan vertigo muncul saat kamu lagi berbaring, cobalah untuk duduk selama serangan tersebut berlangsung
  • Jangan melakukan gerakan secara tiba-tiba
  • Jangan menggunakan laptop atau HP, menonton tv, atau menyalakan lampu yang terlalu terang

So, mulai sekarang kamu nggak perlu panik lagi ya, kalau mengalami serangan vertigo saat menstruasi! Kamu bisa mengatasinya dengan meminum obat, atau melakukan beberapa tips di atas. Ingat, kalau kamu selalu menjaga daya tahan tubuhmu selama menstruasi, pasti kamu bisa menjalaninya dengan nyaman, tanpa ada gangguan apapun. Keep healthy, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya, biar mereka juga tau cara mengatasi vertigo saat menstruasi!

Related Articles
Adulthood
23 Sep 2019

Nutrisi Tepat Bikin Semangat

Fyi nih, Girls, kadar hormon yang berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi ternyata bisa memengaruhi...
Adulthood
05 Dec 2019

4 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ovarium

Girls, kamu pasti udah nggak asing lagi kan, sama kata “indung telur”? Tapi kamu tau ngg...
Adulthood
16 Oct 2019

Kenapa Aku Belum Menstruasi Juga Setelah Keguguran?

Girls, kamu pernah mengalami keguguran? Setelah seorang perempuan mengalami keguguran, biasanya sist...