ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Mengulik Fakta Berhubungan Seks Setelah Menstruasi. Tetap Bisa Hamil?

Mengulik Fakta Berhubungan Seks Setelah Menstruasi. Tetap Bisa Hamil?

19 May 2021

Mengulik Fakta Berhubungan Seks Setelah Menstruasi. Tetap Bisa Hamil?

4. Hindari Penggunaan Pelumas
Dalam beberapa penelitian, beberapa pelumas dapat mempengaruhi pergerakan sperma karena perubahan tingkat keasaman pada vagina. Jika melakukan hubungan seks dalam masa subur, seharusnya perempuan tidak memerlukan alat bantu pelumas sebagai pelicin karena saat masa subur, perempuan menghasilkan cairan vagina yang licin untuk membantu proses penetrasi penis ke vagina.

5. Konsultasi ke Dokter
Yang terakhir, kamu juga dapat mengkonsultasikannya kepada dokter kandungan. Dengan berkonsultasi, kamu akan mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai masa subur, masalah kesuburan, hingga diberikan tips/rencana program kehamilan bagi yang ingin cepat-cepat hamil.
 

Penghambat Kehamilan Walau Melakukan Seks Setelah Menstruasi

                   

 

Walaupun sudah melakukan hubungan seks setelah menstruasi atau saat masa subur, ternyata kehamilan belum tentu terjadi lho. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi. 

  1. Prolaktin yang Berlebih
    Kelebihan prolaktin dapat menurunkan hormon estrogen. Berlebihnya prolaktin ini juga mempengaruhi masa subur yang menghambat kehamilan,. Biasanya hal ini terjadi karena konsumsi obat-obatan atau adanya kelainan kelenjar hipofisis.
     
  2. Insufisiensi Ovarium Prematur
    Masih sama dengan prolaktin yang berlebih, kondisi ini menyebabkan penurunan hormon estrogen yang disebabkan oleh penyakit autoimun, adanya kelainan, dan keracunan.
     
  3. PCOS
    Polycystic Ovarian Syndrome atau dikenal dengan PCOS menjadi masalah utama ketidaksuburan pada perempuan. PCOS terjadi karena adanya pembesaran tuba fallopi atau ovarium yang disertai kista berisi cairan. Kondisi ini akan mengganggu hormon dan mengganggu kesuburan pada wanita.
     
  4. Disfungsi Hipotalamus
    Disfungsi hipotalamus biasanya terjadi karena stres yang berlebihan, berat badan yang tidak ideal, dan olahraga yang terlalu berat. Ketiga hal tersebut akan membuat hormon tubuh merangsang gangguan masa subur.
     

Nah, itu dia fakta apakah melakukan hubungan seks setelah menstruasi dapat menyebabkan kehamilan, informasi bagaimana meningkatkan peluang kehamilan, hingga gangguan yang menghambat kehamilan.

Oh iya, satu hal lagi yang perlu kamu semua tahu nih. Biasanya, pada beberapa orang sehabis masa menstruasi akan merasa nyaman menggunakan pantyliner. Untuk kamu yang mencari pantyliner dengan aroma wewangian, cocok banget untuk membeli Laurier Pantyliner Cleanfresh Parfume. Panyliner ini cocok dipakai setelah menstruasi dan membuat kamu lebih percaya diri. 

 

Related Articles

Adulthood
14 Jun 2019

Atur Asupanmu Untuk Mengurangi Gejala Endometriosis

Kamu pernah dengar tentang endometriosis nggak, Girls? Endometriosis adalah penyakit di mana adanya ...
Adulthood
24 Nov 2023

Histerektomi, Apa Itu dan Apa Hubungannya dengan Menstruasi?

Girls, pernah dengar atau tahu istilah histerektomi? Kata ini merujuk pada prosedur pembedahan untuk...
Adulthood
14 Oct 2019

Niat Tepat Malah Jadi Telat

Menurut hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari the Victorian Assisted Reprodu...