Segudang Manfaat Vitamin B Buat Kamu yang Lagi PMS
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Segudang Manfaat Vitamin B Buat Kamu yang Lagi PMS

Segudang Manfaat Vitamin B Buat Kamu yang Lagi PMS

02 Dec 2019

Segudang Manfaat Vitamin B Buat Kamu yang Lagi PMS

Siapa bilang cuma makhluk hidup aja yang punya keluarga? Ternyata vitamin juga punya keluarganya sendiri, lho. Kamu pernah dengar tentang vitamin B-complex nggak? Vitamin B-complex adalah vitamin yang terdiri dari keluarga vitamin B, yaitu B1 atau thiamine, B2 dikenal sebagai riboflavin, B3 disebut niacin, B5 dikenal juga sebagai pantothenic acid, B6 atau disebut pyridoxal, B7 bernama biotin, B9 atau folic acid, dan B12 disebut sebagai cobalamin. Nah, biar kamu nggak repot konsumsi vitamin sebanyak itu, satu kapsul vitamin B-complex udah sengaja dibuat sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk setiap masing-masing vitamin tersebut.

Secara umum, fungsi kelompok vitamin B ini adalah menjaga kesehatan metabolisme, membangun kekebalan tubuh, membentuk sel darah merah, dan menjaga kesehatan kulit. Tapi, baru-baru ini telah dirilis sebuah penelitian yang menyatakan kalau saat kadar hormon estrogen sedang berubah-ubah menjelang menstruasi, dan seorang perempuan mengalami PMS, masing-masing jenis vitamin B punya peran yang berbeda untuk membantu tubuh mengatasi hal ini.

  • Vitamin B6 – Pyridoxal

Fungsi utama vitamin B6 adalah memelihara fungsi saraf, mengatur banyaknya oksigen ke jaringan tubuh lewat sel darah merah, dan mengatur kadar hormon. Inilah yang menyebabkan kalau seorang perempuan kekurangan vitamin B6 saat menstruasi, cenderung mengalami pembengkakan karena pengumpulan cairan dan kram; akibat terganggunya oksigen yang masuk ke otot. Nggak cuma kena gangguan fisik aja, kekurangan vitamin B6 juga bisa menyebabkan gangguan non-fisik, seperti depresi dan moody pas lagi menstruasi. Seorang perempuan disarankan untuk mengonsumsi 100 mg vitamin B6 per hari untuk menjaga kesehatan dan mencegah macam-macam gangguan PMS.

  • Vitamin B12 – Cobalamin

Peran vitamin B12 termasuk penting lho, saat menjelang menstruasi. Manfaat vitamin B12 buat tubuh adalah mengatur keseimbangan emosi dan menjaga kapasitas energi. Kebanyakan perempuan mengalami emosi yang nggak stabil dan gangguan tidur menjelang atau pas lagi menstruasi. Mengonsumsi vitamin B12 sebanyak 2 – 3 mg per hari bisa mengatasi keluhan-keluhan tersebut. Makanan yang banyak mengandung vitamin B12 adalah daging, ikan, dan makanan dengan olahan susu. Kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan kerusakan otak dan gangguan kekebalan tubuh.

  • Vitamin B1 – Thiamine

Tubuh membutuhkan vitamin B1 supaya bisa menjaga kesehatan mental dan mengembangkan kemampuan untuk melawan stres. Peran penting dari vitamin B1 adalah membentuk neo transmitter – unsur penyampai pesan – yang dibutuhkan sama otak. Vitamin B1 bisa ditemukan pada makanan yang mengandung ragi, seperti oatmeal atau gandum. Bisa juga ditemukan di dalam biji bunga matahari, beras merah, asparagus, kale, kembang kol, kentang, jeruk, hati dan telur. Kekurangan Thiamine bisa berdampak buruk buat seluruh sistem dan organ tubuh.

Hubungannya sama menstruasi, saat kadar hormon sedang naik turun di dalam tubuh, maka kadar vitamin B1 menurun dan perempuan akan mengalami masalah sama mood-nya serta merasa nyeri yang disebabkan oleh kram dan pembengkakan di payudara. Kalau kamu meningkatkan kadar vitamin B1 sebanyak 50 – 100 mg per hari, berbagai gejala ini bisa langsung ditangani.

  • Vitamin B2 – Riboflavin

Vitamin B2 diketahui bisa mengatasi berbagai gejala PMS, mulai dari kram sampai kecapekan dan mood swing. Riboflavin biasanya berwarna kuning atau oranye dan ada pada makanan seperti sereal, pasta, saus, keju, minuman dan makanan bayi. Makanan lain adalah hati, ginjal, kulit gandum, telur, daging, dan susu.

Biasanya perempuan mengalami kekurangan riboflavin karena vitamin ini nggak diproduksi oleh tubuh. Kekurangan vitamin B2 bakalan menyebabkan terjadinya pembengkakan di lidah, bibir, dan mulut. Karena PMS menyebabkan kekurangan vitamin B2, makanya perempuan juga bakal mengalami pembengkakan di rahim dan payudara, jadi akan terasa nyeri. Kekurangan vitamin B2 juga bisa menyebabkan kulit jadi kering dan jerawatan, kecapekan serta kondisi tubuh yang nggak semangat. Semua ini adalah gejala PMS yang bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B2.

Kelompok vitamin B sangat dibutuhkan sama tubuh. Setiap vitamin B punya manfaat yang beda-beda. Kalau mengonsumsi setiap jenis vitamin B, malah jadi terlalu banyak vitamin yang diminum. Makanya, sangat disarankan untuk mengonsumsi vitamin B-complex supaya kesehatan tubuh tetep terjaga dan bisa mengatasi gangguan PMS.

So, kamu jangan males untuk minum vitamin B-complex ya Girls, demi kesehatan tubuh kamu juga, lho! Yuk, share artikel ini ke teman-teman kamu supaya mereka juga bisa tau kalau vitamin B-complex punya manfaat yang banyak banget buat tubuh!

Related Articles

Adulthood
03 Dec 2019

Kenapa Berkumis ya?

Pertumbuhan bulu-bulu halus yang berlebihan di wajah biasanya bakal bikin kamu jadi nggak pede. Bena...
Adulthood
21 Jun 2019

Kram Menstruasi Ternyata Bisa Pengaruhi Otak, lho!

Kamu tau nggak, Girls, kalau kram menjelang atau di awal menstruasi itu dikenal dengan Primary Disme...
Adulthood
22 Oct 2019

Rahasia Dibalik Gangguan Menstruasi

Setiap kali menstruasi, pasti kamu sering mengalami gangguan kan, Girls? Mulai dari gangguan fisik s...