ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Secret Weapon Jamur Maitake

Secret Weapon Jamur Maitake

21 Oct 2019

Secret Weapon Jamur Maitake

Kamu suka makan jamur nggak, Girls? Ternyata selain rasanya yang enak banget saat diolah, jamur juga punya banyak manfaat yang luar biasa lho! Salah satu jamur yang punya manfaat untuk kesehatan adalah jamur maitake.

Jamur yang ditemukan oleh Prof. Dr. Hiroaki Nanba PhD, mikrobiolog dan peneliti khusus jamur dari Kobe Pharmaceutical University of Japan ini, awalnya cuma diketahui bisa menyembuhkan penyakit darah tinggi, diabetes dan jantung aja nih. Tapi, setelah melalui penelitian yang cukup panjang, jamur maitake ternyata juga bisa menyembuhkan kanker leher rahim, kanker payudara, osteoporosis, sampai AIDS lho.

Jamur maitake (Grifola Frondosa) oleh bangsa Eropa dikenal sebagai hen of the woods atau ayam betina dari kayu, karena bentuknya hampir mirip seperti jengger ayam. Jamur ini juga dikenal sebutan Raja Jamur, karena beberapa di antaranya ada yang berukuran sebesar bola basket.

Jamur maitake sampai saat ini masih tumbuh subur di daerah bagian timur laut Jepang. Tapi, karena manfaatnya dinilai luar biasa, maka kini beberapa negara, termasuk di Indonesia, udah mulai membudidayakannya.

Kata “maitake” memiliki arti “jamur menari” atau dancing mushroom. Nama itu berawal dari cerita kuno, pertama kali jamur maitake ditemukan. Pada saat itu, jamur maitake susah banget ditemukan, sehingga harganya sangat mahal, senilai perak murni. Para pemburu jamur yang menemukannya sering banget merasa senang dan menari-nari saat menemukan jamur maitake. Lucu juga ya, Girls?

Pada penelitian lanjutan untuk menguji keampuhan jamur maitake juga telah dilakukan oleh Prof. Dr. Hiroaki. Dari rentetan uji klinis yang dilakukan oleh Hiroaki, jamur maitake ternyata mengandung antijamur, antibakterial, antifungi dan antiparasit.

Dalam sebuah penelitiannya yang melibatkan 13 perempuan penderita keputihan akut, menunjukkan bahwa jamur maitake sangat ampuh untuk menekan pertumbuhan jamur penyebab keputihan. Selama enam bulan, para pasien tersebut diharuskan mengonsumsi jamur maitake yang udah diolah menjadi macam-macam masakan, tanpa campuran bahan makanan lain. Hasilnya cukup luar biasa lho, Girls! Lebih dari 50% pasien mengaku derita keputihannya berkurang, sisanya mengaku keputihan masih di derita tapi rasa gatal lama-kelamaan mulai menghilang.

Saat ini, jamur maitake udah banyak banget dijual dengan harga yang terjangkau dalam bentuk segar ataupun kering, supaya bisa disimpan lebih lama. Kalau kamu membeli jamur maitake yang segar, kamu cukup membungkusnya ke dalam kantong kertas, lalu simpan dalam lemari es, sehingga jamur maitake bisa bertahan selama 7 – 10 hari.

Jamur maitake juga bisa disajikan dalam berbagai hidangan lho, Girls. Salah satunya dengan cara ditumis pakai sedikit minyak atau mentega, atau bisa juga dibuat untuk campuran sup. Enak banget kan? Nah, kalau keputihan yang kamu alami termasuk parah, sebaiknya mulai sekarang lebih rajin makan jamur maitake yuk! Biar masalah keputihanmu bisa langsung diatasi, dan nggak membahayakan kesehatan organ reproduksimu juga, Girls.

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang punya masalah dengan keputihannya ya, supaya mereka juga bisa segera mengatasinya!

Related Articles

Adulthood
14 Aug 2014

Kok Darah Menstruasiku Menggumpal… Kenapa ya?

Saat menstruasi, mungkin kamu suka bertanya-tanya, kenapa darah menstruasiku menggumpal ya? Terus ka...
Adulthood
24 May 2024

Menstruasi Telat Sehabis Bepergian Jauh. Kenapa Ya?

Kenapa ya kalau habis bepergian ke tempat yang jauh menstruasi suka telat datangnya? Pernah kepikira...
Adulthood
21 Oct 2019

Info Singkat Tentang PMS

Kata “PMS” pasti udah nggak asing lagi buat kamu kan, Girls? Sebetulnya, PMS itu apa sih...