Say NO to Bau Mulut!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Say NO to Bau Mulut!

Say NO to Bau Mulut!

26 Jun 2019

Say NO to Bau Mulut!

Menjelang menstruasi, biasanya cewek pasti mengeluh soal kembung, pusing, moody, atau pengen ngemil. Benar nggak, Girls? Tapi malah jarang ada yang ngeluh soal gusi bengkak dan sensitif, plus bau mulut. Hmm….bisa jadi karena nggak banyak yang sadar, nih.

Menurut Susan Karabin, D.D.S dari the American Academy of Periodontology, “Jaringan gusi terdiri dari banyak reseptor (penyerap) estrogen yang bereaksi terhadap perubahan kadar hormon.” Siklus menstruasi ternyata bisa mengganggu kondisi kesehatan mulut karena kadar hormon yang berubah-ubah pada saat atau sebelum menstruasi. Kadar hormon reproduksi yang meningkat bisa membuat gusi dan kelenjar air liur jadi membengkak, yang menyebabkan gusimu berdarah, gigi terasa goyah, dan sariawan.

Kalau udah seperti ini, ahli kesehatan menyarankan para cewek untuk lebih rajin menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulutnya, dengan melakukan beberapa cara berikut:

  • Membersihkan rongga mulut dan gigi

Waktu yang tepat untuk membersihkan rongga mulut dan karang gigi adalah seminggu setelah menstruasi. Hal ini karena kadar estrogen dalam darah sangat tinggi sebelum menstruasi, jadi bisa menyebabkan jaringan gusi membengkak dan radang. Sehingga, proses pembersihan bakal memicu perdarahan dan nyeri. Sebaiknya, kamu juga melakukan pemeriksaan setiap enam bulan sekali.

  • Menyikat gigi dengan benang (flossing)

Seminggu sampai dua hari menjelang menstruasi, kadar estrogen yang tinggi menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai gingivitis menstruasi, yaitu gusi menjadi sangat sensitif. Disarankan supaya kamu menyikat gigi minimal dua kali sehari. Biasakan juga menyikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur malam ya, Girls. Ingat, kamu juga harus hati-hati pas menyikat gigi dengan benang!

  • Operasi atau tindakan medis

Kalau kamu mau melakukan operasi atau tindakan medis lain terhadap gigi dan rongga mulut, sebaiknya dilakukan tepat sehabis menstruasi, sebelum masa ovulasi tiba. Kenapa? Karena pada periode ini kadar estrogen dalam tubuhmu sangat rendah, dan kondisi rongga mulut juga lagi sangat stabil.

  • Perbanyak konsumsi zat besi, kalsium dan vitamin B12 yang ada di dalam susu dan sayur
  • Jangan konsumsi makanan manis berlebihan

So Girls, jangan pernah anggap sepele kesehatan mulutmu ya! Kalau kamu nggak merawat kesehatan gigi dan rongga mulut, malah bisa memicu gangguan kesehatan yang serius. Kamu nggak mau, kan? Yuk, mulai sekarang lebih rajin menjaga kesehatan mulutmu, supaya senyummu keliatan semakin manis!

Jangan lupa share info ini ke teman-teman dekatmu ya, biar mereka jadi lebih aware sama kesehatan mulutnya!

Related Articles

Adulthood
17 Oct 2019

Kenapa sih, Aku Sering Mengalami Migrain?

Migrain ternyata bisa diderita berbagai usia dan gender lho, Girls! Tapi, data yang saat ini terkump...
Adulthood
29 Jun 2019

4 Gejala Awal Kanker Organ Reproduksi yang Sering Kamu Anggap Sepele

The American Cancer Society memperkirakan telah terjadi 100.000 kasus baru kanker organ reproduksi s...
Adulthood
08 Aug 2019

Hindari Hubungan Seksual Saat Menstruasi!

Girls, sampai sekarang masih ada lho, pendapat umum yang bilang kalau melakukan hubungan seksual pas...