Rambut yang Lain, Apa tuh?
ask dr laurier

Rambut yang Lain, Apa tuh?

Rambut yang Lain, Apa tuh?

10 Jul 2019

Rambut yang Lain, Apa tuh?

Jangan kaget, Girls! Kalau kamu udah pubertas, emang bakal banyak ‘rambut’ baru yang tumbuh di bagian-bagian tertentu tubuhmu. Salah satunya adalah rambut yang tumbuh di alat genital, atau sering disebut rambut pubik. Banyak yang bilang kalau rambut yang satu ini mesti disingkirkan alias dicukur. Hmm…..betul nggak, sih?

Pertumbuhan rambut pubik terjadi pada setiap orang, baik cewek ataupun cowok. Biasanya rambut pubik tumbuh pertama kali pas seseorang berusia 10 – 11 tahun, kadar kelebatannya beda-beda di tiap orang. Faktor yang memengaruhi kelebatan itu adalah hormon testosteron dan androgen. Karena produksi kedua hormon itu pada cowok lebih banyak daripada cewek, jadi rambut pubik cowok lebih lebat dan ada di beberapa bagian alat genitalnya. Faktor genetik juga berpengaruh, lho. Misalnya, sejumlah negara tertentu, seperti Italia, Yunani atau Arab, secara genetik memang lebih ‘berbulu’ dibanding orang dari negara lain.

Fungsi dari rambut pubik adalah melindungi vagina dari gesekan langsung benda-benda asing di luar tubuh. Semakin lama, rambut pubik bakal semakin tebal, malah kadang bisa mengganggu atau sering muncul dari balik undies. Hal inilah yang membuat sebagian orang pengen mencukurnya. Ada juga yang beralasan karena faktor higienis. Rambut pubik yang sangat lebat, membuat vagina jadi lembap dan bakteri bakal betah tinggal di sana. Makanya, penting banget buatmu untuk tetap menjaga kebersihan rambut pubik, apalagi pas menstruasi.

Tapi, kamu juga harus ingat kalau mencukur rambut pubik bisa bikin pertumbuhannya jadi makin cepat dan lebat lho, Girls! So, kamu harus rutin mencukurnya. Nggak cuma itu aja, sehabis mencukurnya sampai bersih, pori-pori kulit di area tersebut juga bakal terlihat menonjol dan berbintik merah. Sebenarnya ini hal yang wajar kok, karena area ini memang sangat sensitif. Pas mau tumbuh kembali, rambut pubik pasti bakal terasa gatal.

Pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menggunting rambut pubik supaya nggak terlalu lebat dan panjang. Tapi hati-hati, ya! Sebaiknya pakai gunting bayi yang ujungnya tumpul. Selain menjaga kebersihan, menggunting rambut pubik juga bisa mencegahnya supaya nggak “menyelinap” keluar pas kamu pakai baju renang. Iiih….malu kan, kalau sampai kejadian?

Kamu termasuk orang yang rajin mencukur rambut pubik atau nggak? Jawab di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga untuk share info ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka jadi lebih paham tentang rambut pubik!

Related Articles
Adulthood
15 Mar 2020

Cek yuk, Apakah Kamu Udah Memasuki Periode Ovulasi atau Belum?

Kapan sih, aku mulai memasuki periode ovulasi belum ya? Nah, dibanding kamu pusing memikirkannya, le...
Adulthood
14 Oct 2019

Berhubungan Seks Saat Menstruasi Bisa Hamil Nggak, ya?

“Bisa nggak ya, seorang cewek hamil kalau melakukan hubungan seks pas lagi menstruasi?” ...
Adulthood
29 Jul 2019

Pergi Liburan Pas Menstruasi? Siapa Takut?!

Pergi liburan bakal jadi menyenangkan banget kalau nggak ada hal yang mengganggu. Setuju nggak, Girl...