Rajin Datang Tiap Bulan, Siapa ya?
ask dr laurier

Rajin Datang Tiap Bulan, Siapa ya?

Rajin Datang Tiap Bulan, Siapa ya?

23 Jun 2019

Rajin Datang Tiap Bulan, Siapa ya?

Tamu yang satu ini emang rajin banget, nih! Nggak diundang pun, dia bakalan tetap datang. Malah kadang-kadang nggak kasih kabar dulu. Hmm…..siapa sih, dia? Yup, tamu ini adalah menstruasi! Buat kamu para cewek, penting nih, tau tentang siklus menstruasi yang kamu alami setiap bulannya.

Pas pertama kali mengalami menstruasi, disebut juga menarche, itu artinya organ reproduksimu udah berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu ketika indung telur mulai menghasilkan sel telur yang matang (ovulasi). Selanjutnya, menstruasi bakal terjadi kurang lebih setiap sebulan sekali.

Siklus menstruasi diawali sejak beberapa hari sebelum ovulasi. Hormon estrogen yang dimiliki cewek bakal mendorong dinding rahim (uterus) untuk membangun semacam lapisan yang nantinya berfungsi sebagai tempat menempelnya sel telur. Kalau nggak terjadi pembuahan, maka lapisan itu bakal keluar melalui vagina, bersama dengan darah dan sel telur yang nggak dibuahi. Nah, proses inilah yang disebut menstruasi.

Rentang waktu saat kamu mengalami menstruasi selalu sama. Kamu bisa menghitung siklus menstruasi dari hari pertama kamu mengalami menstruasi sampai satu hari sebelum menstruasi bulan berikutnya. Ingat ya, Girls, siklus setiap cewek itu beda-beda, antara 21 sampai 35 hari.

Kalau misalnya menstruasimu nggak teratur, jangan panik, Girls! Ini wajar kok, apalagi kamu baru aja mengalami menstruasi. Jadi, bisa aja bulan ini kamu mengalami menstruasi, tapi bulan depannya nggak. Nah, biasanya setelah beberapa bulan, barulah siklus menstruasimu teratur. Tapi, banyak juga yang siklus menstruasinya nggak teratur sampai dewasa, lho. Asalkan telatnya nggak lebih dari tiga bulan, maka masih tergolong wajar ya!

Periode menstruasi biasanya berkisar antara 2 – 10 hari. Tapi, tiga hari terakhir biasanya cuma berupa flek atau darah yang keluar nggak terlalu banyak. Kalau kamu cemas karena mengalami menstruasi yang lama dan volume darahnya banyak, kamu harus kasih tau mama supaya bisa segera periksa ke dokter ya!

Sekarang kamu jadi lebih paham tentang siklus dan periode menstruasi, kan? Jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisimu dengan baik, hindari stres, istirahat yang cukup dan rajin olahraga supaya menstruasimu tetap teratur, Girls!

Jangan lupa juga ajak teman-teman cewekmu untuk baca artikel ini ya, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles
Adulthood
03 Jul 2019

3 Tips Supaya Berat Badanmu Nggak Bertambah Saat Menstruasi

Kebanyakan cewek mengalami peningkatan selera makan pas masa pra-menstruasi, kamu salah satunya buka...
Adulthood
10 Oct 2019

Heavy Flow atau Menorrhagia?

Sepanjang siklus menstruasi, bisa jadi ada waktu di mana kamu bakal mengalami perdarahan menstruasi ...
Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Harus Ketombe sih?

Girls, kamu pasti tau ketombe, kan? Ketombe keliatan seperti serpihan putih, biasanya ada di area da...