Rahasia Supaya Tetap Aktif Saat Menstruasi
ask dr laurier

Rahasia Supaya Tetap Aktif Saat Menstruasi

Rahasia Supaya Tetap Aktif Saat Menstruasi

22 Jul 2019

Rahasia Supaya Tetap Aktif Saat Menstruasi

Kebanyakan cewek pasti mengeluh mager pas lagi menstruasi. Kamu salah satunya bukan, Girls? Kamu sadar nggak sih, ternyata hal itu disebabkan karena tubuhmu yang lemas. Supaya tetap semangat pas menstruasi, setiap cewek itu perlu memastikan jenis makanan yang dikonsumsi. Nah, kamu mau tau apa aja yang harus dikonsumsi supaya tetap bersemangat pas menstruasi? This is it, Girls!

  • Pilih makanan yang mengandung banyak antioksidan

Antioksidan adalah unsur penting yang sangat dibutuhkan tubuh, tapi seringkali persediaannya di dalam tubuh sangat terbatas. Kalau antioksidan di dalam tubuhmu cukup, maka tubuh bakal lebih gesit. Antioksidan bisa ditemukan di dalam berbagai makanan, seperti buah, sayur dan sereal.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi

Nutrisi adalah unsur berupa vitamin dan mineral yang membuat organ dan sistem tubuh bekerja dengan baik. Jadi, tubuhmu nggak bakal gampang sakit! Percuma kan, kalau punya banyak energi tapi sakit? Pastinya kamu nggak bakal nyaman beraktivitas. So, kamu harus penuhi kebutuhan nutrisimu setiap hari ya!

  • Jangan lewatkan sarapan, dan ngemil kalau perlu

Kamu tau kan, kalau makan terlalu sering bisa berbahaya bagi tubuh? Sebaliknya nih, nggak cukup makan ternyata juga bisa menyebabkan cadangan energi menipis lho. Jadi, sebaiknya kamu sarapan sebelum mulai beraktivitas supaya bisa berkonsentrasi dan gesit. Nggak cuma itu aja, kalau kamu mulai merasa lapar, jangan ragu untuk ngemil! Lho, nanti kalau jadi gendut gimana? Tenang! Mengemil ini supaya selalu ada cadangan energi bagi tubuhmu. Asalkan kamu mengemil dengan makanan yang sehat dan nggak berlebihan, pasti tubuhmu nggak bakal gendut kok.

  • Banyak minum

Saat menstruasi, cewek kehilangan banyak cairan tubuh berupa darah yang keluar. Jadi, kamu harus memastikan supaya asupan cairanmu tercukupi. Setiap orang memang membutuhkan jumlah cairan yang berbeda-beda, tapi minimal kamu harus minum delapan gelas air sehari, karena itu adalah standar kebutuhan cairan tubuh. Air memang nggak mengandung nutrisi dan mineral, tapi fungsi air di dalam tubuh sangat penting untuk menyebarkan seluruh unsur nutrisi ke berbagai penjuru tubuh, bahkan sampai ke ujung sel yang paling terpencil. Jadi, sistem tubuh bisa berfungsi dengan baik, dan kamu bakalan tetap aktif!

Simple banget kan, Girls? Kalau kamu selalu menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi selama menstruasi, pasti tubuhmu juga bakal selalu sehat dan nggak lemas pas beraktivitas. Nggak mau kan, kalau aktivitasmu terganggu cuma karena menstruasi? So, jaga kesehatan dan pola makanmu mulai sekarang ya!

Dari keempat tips di atas, mana yang sering kamu lakukan kalau lagi menstruasi? Ceritakan di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share info ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka nggak mager lagi pas menstruasi!

Related Articles
Adulthood
09 Sep 2022

Minum Kopi saat Menstruasi, Boleh Gak Ya?

Menstruasi tidak menjadi alasan untuk menghentikan ritual ‘ngopi’ bagi sebagian perempua...
Adulthood
14 Jun 2019

Yuk, Makan Cokelat Pas Lagi PMS!

Ada kabar yang pastinya bakal bikin kamu gembiraaaa banget! Apa ya? Para ahli nutrisi memastikan kal...
Adulthood
17 Sep 2019

Kenapa Sakit Banget sih?

Memang udah jadi rahasia umum, kalau nyeri menstruasi adalah keluhan yang biasanya dialami perempuan...