ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Pola Makan Tepat Bikin PMS Kabur Secepat Kilat

Pola Makan Tepat Bikin PMS Kabur Secepat Kilat

Author: Tim Edukasi Laurier

24 Sep 2019

Pola Makan Tepat Bikin PMS Kabur Secepat Kilat

Ada info yang harus kamu tau nih, Girls! Sebuah hasil penelitian di awal tahun 2009 menyimpulkan bahwa lebih dari 85% perempuan di seluruh dunia mengalami PMS, tapi cuma sekitar 8% yang mengalami PMS berat sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Walaupun begitu, dunia kedokteran berusaha menemukan berbagai cara untuk membantu perempuan mengatasi PMS supaya selalu bisa produktif dan nggak merasa terganggu karena PMS.

Asupan gizi seimbang jadi salah satu cara yang dianggap ampuh untuk mengatasi PMS, karena unsur-unsur nutrisi yang ada bisa membantu tubuh meningkatkan produksi hormon tertentu. Seperti serotonin yang berfungsi sebagai penyeimbang saat kadar hormon reproduksi meningkat sangat tinggi dan menyebabkan PMS. Hmm…sebenarnya apa aja sih, jenis-jenis makanan yang bisa mengatasi PMS secara alami?

  • Asupan makanan bernutrisi yang mengandung kacang-kacangan, buah, sayur, protein dan berbagai produk olahan susu. Karena susu mengandung kalsium dan kalium yang bisa mengatasi pembengkakan pada payudara dan kembung.
  • Mengonsumsi telur, kentang dan wortel adalah cara yang tepat untuk meningkatkan asupan vitamin B6 ke dalam tubuh. Unsur nutrisi ini bakal memicu produksi hormon serotonin di dalam tubuhmu, sehingga bisa mencegah terjadinya perubahan mood.
  • Pada saat menstruasi, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah berlebih juga bisa membantu meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh.

Kalau kamu nggak bisa memastikan untuk memenuhi unsur-unsur nutrisi ini dalam bentuk makanan selama menstruasi, sebaiknya kamu mengonsumsi suplemen multivitamin aja, Girls. Karena hal ini disarankan banget supaya kamu tetap bisa memenuhi nutrisi-nutrisi tersebut, walaupun nggak mengonsumsinya dalam bentuk makanan.

Selain memenuhi unsur-unsur nutrisi di atas, kamu juga harus ingat untuk nggak mengonsumsi banyak gula, garam, alkohol dan kafein. Karena jenis asupan itu bisa meningkatkan risiko PMS jadi lebih berat. Kamu pasti nggak mau kan, hal ini terjadi? So, mulai sekarang atur pola makanmu dengan memenuhi nutrisi seperti di atas yuk, Girls! Kalau kamu terbebas dari gangguan PMS, pasti kamu jadi lebih nyaman beraktivitas kan? Come on try it, and enjoy your day!

Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya! Berbagi hal positif itu salah satu kebaikan lho, Girls!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
26 Sep 2019

Tips Nyaman Bekerja Pas Lagi PMS

Kalau menjelang menstruasi, hari-hari kerja pasti terasa jadi berat banget. Betul nggak, Girls? Tern...
Author: Tim Edukasi Laurier
14 Jun 2019

Bye-bye Mood Swing

Girls, kamu harus tau lho, kalau perubahan mood yang terlalu sering dan drastis pas menjelang menstr...
Author: Tim Edukasi Laurier
02 Oct 2019

Yuk, Rawat Gigi dan Gusimu Menjelang Menstruasi!

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata naik turunnya kadar hormon reproduksi itu bisa mengganggu keseha...