PMS Tuntas, Lanjut Beraktivitas
ask dr laurier

PMS Tuntas, Lanjut Beraktivitas

PMS Tuntas, Lanjut Beraktivitas

25 Sep 2019

PMS Tuntas, Lanjut Beraktivitas

Kamu selama ini sadar nggak sih, kalau PMS ternyata bisa mengganggu kualitas hidupmu lho! Berdasarkan hasil penelitian The American College of Obstetricians and Gynecologists yang diterbitkan akhir tahun lalu, kurang lebih ada 85% perempuan mengalami PMS. 5% di antaranya mengalami gejala PMS yang relatif berat, atau dikenal sebagai PMDD. Makanya nggak heran kalau para ahli menyarankan PMS harus diatasi, supaya hidup seorang perempuan bisa lebih nyaman.

Kalau kamu adalah salah satu dari jutaan perempuan yang mengalami PMS, sebaiknya kamu langsung atasi dengan beberapa cara di bawah ini, Girls:

  • Kalsium. 600 mg suplemen kalsium yang dikonsumsi dua kali sehari dipastikan bisa meredakan PMS.
  • Olahraga. Kamu cukup lakukan olahraga yang disukai seperti berenang, jogging, yoga, atau menari, kurang lebih setiap 30 menit sehari. Maka perubahan mood-mu pas lagi PMS pasti akan berkurang.
  • Asam lemak. Sebuah penelitian yang udah diterbitkan di jurnal terbatas, Reproductive Health menjelaskan bahwa perempuan yang mengonsumsi suplemen berisi tiga jenis asam lemak tertentu bakal mengalami PMS yang lebih ringan. Asam lemak bisa didapatkan dari makanan segar seperti telur, kacang, minyak sayur dan ikan.
  • Minyak ikan. Penuhi asupan vitamin harianmu dengan rajin mengonsumsi tablet atau pil minyak ikan.
  • Asam folat. Konsumsi kelompok vitamin B yang cukup, apalagi asam folat karena bisa mengurangi gangguan PMS yang kamu alami.
  • Tidur. Pola tidur yang kacau, misalnya terbangun sampai tengah malam dan tidur sepanjang siang, diketahui bisa memperburuk PMS, termasuk emosi. Kalau kamu mengalami gangguan tidur dan nggak bisa mengatasinya, sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter supaya mendapatkan penanganan medis yang tepat.
  • Kedelai dan berbagai olahannya, seperti tahu dan tempe. Kalau kamu mengonsumsinya secara teratur, dijamin pasti bisa mengatasi berbagai masalah PMS yang kamu rasakan.

Ternyata banyak banget cara untuk mengatasi PMS kan, Girls? Tapi kamu harus ingat ya, sebaiknya lakukan semua hal tersebut di bawah pengawasan dokter. Supaya kamu tau aturan yang tepat, dan bisa menyesuaikannya dengan kondisi tubuhmu. Yuk, coba lakukan dari sekarang!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka juga tau cara mengatasi PMS-nya sendiri!

Related Articles
Adulthood
08 Aug 2019

Duh, Nyeri Punggung!

Kamu pernah mengalami nyeri punggung saat menstruasi nggak, Girls? Duh, pasti bikin nggak nyaman ban...
Adulthood
18 Sep 2019

Siklus Menstruasimu Nggak Teratur? Hati-hati Kena Kanker Ovarium!

Sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan para peneliti di Public Health Institute of Berkeley...
Adulthood
17 Jun 2019

Ternyata Menstruasi Bisa Memengaruhi Perilakumu, lho!

Girls, ternyata kalau kamu peka, kamu bisa tau loh, saat-saat tertentu pas kamu berubah jadi lebih s...