PMS Ternyata Bisa Pengaruhi Gaya Hidupmu, lho
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

PMS Ternyata Bisa Pengaruhi Gaya Hidupmu, lho

PMS Ternyata Bisa Pengaruhi Gaya Hidupmu, lho

24 May 2019

PMS Ternyata Bisa Pengaruhi Gaya Hidupmu, lho

Kalau deket-deket waktu menstruasi, pasti kamu sering ngerasa kembung, kecapekan, terus emosi juga jadi berubah-ubah nggak karuan. Bener nggak? Nah, di saat itu ternyata tubuh kamu lagi memasuki fase luteal nih, Girls! Fase ini muncul sekitar satu minggu sebelum menstruasi, dan dikenal sebagai PMS atau gejala-gejala pra-menstruasi. Kamu pasti pernah dengar tentang PMS, dong? Tapi, kamu tau nggak kalau ada beberapa hal yang terjadi di periode ini dan berpengaruh banget sama gaya hidup perempuan?

Nah, coba pahami tentang fase luteal ini yuk, supaya kamu jadi lebih siap nantinya!

  • Kebutuhan makanan manis meningkat

Menjelang menstruasi, perempuan cenderung pengen mengonsumsi makanan berkalori tinggi – biasanya yang manis-manis. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh The Journal Brain Research edisi Desember 2011, menjelaskan bahwa otak perempuan yang menjadi responden penelitian saat dilihat melalui MRI, bakal bereaksi terhadap gambar makanan yang ditunjukkan; baik yang tinggi kalori, atau yang rendah kalori. Tapi, pas masuk fase luteal, otak perempuan cuma bereaksi sama gambar makanan yang tinggi kalori. Ini menyatakan kalau pas masa pra-menstruasi, tubuh emang lebih terangsang untuk mengonsumsi makanan manis.

  • Jadi shopaholic dadakan

Kejadian lain yang nggak disadari sama perempuan pas menjelang menstruasi adalah kebiasaan berbelanja jadi meningkat. Seolah-olah kamu tuh, nggak kuat buat nahan godaan tulisan “sale” di setiap store. Edisi Januari 2012 dari The Journal Personality and Individual Differences menguraikan hasil sebuah penelitian yang memonitor pengeluaran para responden perempuan selama 7 hari. Catatan itu disinkronkan sama fase reproduksi mereka dan ditemukan bahwa responden perempuan yang lagi mengalami fase luteal, nggak bisa mengendalikan atau jadi lebih impulsif berbelanja, dibanding sama para perempuan yang belum memasuki atau udah melewati fase luteal. “Akibatnya perempuan bakal berbelanja lebih banyak di fase luteal," kata Karen Pine, PhD, penulis artikel dalam jurnal tersebut dan seorang profesor psikologi di University of Hertfordshire.

Gimana nih, Girls? Kamu ngerasain salah satunya nggak pas lagi PMS? Atau jangan-jangan, dua kejadian itu kamu alami? Wah, berarti kamu harus lebih hati-hati ya, jangan sampai karena lagi PMS terus kamu langsung anggep santai semua kejadian itu. Inget, lho! Makanan manis bisa bikin berat tubuhmu naik, dan belanja yang over juga nantinya bisa bikin dompetmu nangis! Kamu nggak mau kan, sampai kayak begitu?

Kamu punya pengalaman menarik pas lagi PMS? Ceritain yuk, di kolom komentar! Jangan lupa juga share artikel ini ke teman-teman cewek kamu, supaya mereka bisa lebih siap kayak kamu!

Related Articles

Adulthood
24 Jul 2019

Tips Memilih Underwear yang Tepat

Saat menstruasi, area vagina sering banget terasa lembap dan bikin nggak nyaman para cewek, apalagi ...
Adulthood
04 Dec 2019

Cara Praktis Atasi Telat Menstruasi

Kamu pasti panik kan, Girls, kalau tiba-tiba menstruasimu telat atau nggak dateng sama sekali? Kira-...
Adulthood
19 Sep 2019

Gemuk Bisa Bikin Menstruasiku Jadi Nggak Teratur?!

Banyak orang yang bilang, kalau kelebihan berat badan atau gemuk pasti bikin penampilan jadi nggak m...