PMS Berat Buat Teman Tak Mau Mendekat
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

PMS Berat Buat Teman Tak Mau Mendekat

PMS Berat Buat Teman Tak Mau Mendekat

10 Dec 2019

PMS Berat Buat Teman Tak Mau Mendekat

Girls, ada info penting buat kamu nih! Para ahli ternyata udah memastikan kalau PMS berat yang dialami seorang perempuan disebut sebagai PMDD atau Pre-Menstrual Dysphoric Disorder, yang diawali karena reaksi sel dalam DNA tubuh terhadap hormon reproduksi, yaitu estrogen dan progesteron.

PMDD itu sangat mengganggu lho, Girls! Karena bisa memengaruhi mood perempuan, sehingga membuat orang-orang terdekat dari pengidap PMDD jadi merasa nggak nyaman ada di sekitarnya. Pengidap PMDD biasanya sering merasa cemas, sedih, dan gampang marah menjelang masa menstruasinya. Selain gangguan emosi, penderita PMDD juga mengalami gangguan fisik, antara lain gangguan selera makan, perut kembung, sakit kepala, serangan sensasi panas (hot flashes), payudara terasa nyeri dan sensitif, serta nyeri sendi dan otot. Kamu mengalami gejala-gejala ini nggak, Girls?

Hasil penelitian tentang PMDD ini dilakukan oleh tim peneliti dari National Institute of Health (NIH) di Inggris, dan telah dipublikasikan pada jurnal Molecular Psychiatry. Artikel ini menjelaskan bahwa PMDD akan dialami sangat parah kalau kadar estrogen dan progesteron di dalam tubuh meningkat. Hal ini disebabkan karena perempuan pengidap PMDD punya sel yang reaksinya berbeda terhadap kedua hormon reproduksi itu, dibanding sel-sel perempuan yang cuma mengalami PMS atau yang nggak mengalami PMS sama sekali menjelang menstruasi.

Tim peneliti bertujuan untuk memberikan respons terhadap anggapan bahwa perempuan penderita PMDD perlu menjalani terapi perilaku, karena gampang marah menjelang menstruasi. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberi penjelasan bahwa perempuan pengidap PMDD sebenarnya membutuhkan penanganan medis untuk membantunya mengendalikan gangguan emosi.

Well, sekarang kamu tau kan, parahnya dampak PMDD untuk keseharianmu? Makanya selalu perhatikan gejala-gejala yang kamu alami menjelang menstruasi, supaya kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kalau ternyata mengalami PMDD. Jangan sampai telat menyadarinya ya, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka juga bisa tau info penting ini!

Related Articles

Adulthood
14 Oct 2019

Kesehatan Reproduksimu Ternyata Ditentukan Sejak Masih Janin lho!

Girls, ternyata di masa pertumbuhan diketahui janin sangat peka merespons berbagai rangsangan lho! H...
Adulthood
19 Sep 2019

Kok Bisa sih, Hormonku Nggak Stabil?

Kamu pasti tau kan, kalau di usia matang, seharusnya siklus menstruasimu udah berlangsung teratur? M...
Adulthood
03 Oct 2019

Kedatangan Dua “Tamu” Sekaligus

Kamu dan suamimu lagi merencanakan kehamilan, Girls? Nah, kamu harus tau nih, pasangan suami-istri y...