ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

PMS Berat Bikin Tarik Urat

PMS Berat Bikin Tarik Urat

09 Oct 2019

PMS Berat Bikin Tarik Urat

Kamu pasti udah paham banget tentang PMS kan, Girls? Biasanya PMS dialami seorang perempuan mulai dari satu atau dua minggu sebelum menstruasi, dan semakin terasa beberapa hari sebelum hari pertama menstruasi datang.

Gejala emosional atau psikis yang biasanya dialami antara lain, depresi, sensitif, panik, nggak bersemangat, atau malah sebaliknya, jadi merasa senang yang berlebihan. Sedangkan, gejala fisik yang sering dialami adalah payudara membengkak dan nyeri saat tersentuh, kembung, sakit kepala, pembengkakan pergelangan kaki, tegang otot, gangguan pola tidur, gangguan selera makan, dan nyeri di seluruh tubuh.

Data kesehatan WHO tahun 2010 menyatakan bahwa ada 90% perempuan mengalami PMS, tapi cuma 2% - 10% di antara mereka yang kondisinya benar-benar serius dan perlu bantuan dokter untuk mengatasi rasa nggak nyamannya. Gejala yang terkategori serius itu adalah:

  • Nggak bisa menjalani aktivitas rutin secara normal atau seperti biasanya. Misalnya, nggak bisa bangun dari tempat tidur, karena nyeri perut yang dirasakan.
  • Jadi emosional banget, atau murung, sehingga orang-orang di sekitar malah merasa sangat terganggu.

Gejala-gejala ini biasanya cuma berlangsung beberapa saat aja, dan bakal langsung hilang setelah menstruasi selesai, makanya kondisi ini sering diabaikan sama para cewek. Kamu salah satunya bukan, Girls? Sebenarnya hal ini nggak boleh kamu lakukan ya, karena disarankan banget supaya kamu langsung memeriksakan diri ke dokter kalau mengalami gejala ini untuk ditangani secara tepat. Hal ini penting dilakukan supaya tubuhmu tetap sehat selama menstruasi, dan kamu juga bisa tau apakah gejala PMS yang dirasakan termasuk parah atau nggak. So, be aware, Girls!

Yuk, share info ini ke group chat teman-teman cewekmu, supaya mereka juga bisa tau jenis PMS yang termasuk parah!

Related Articles

Adulthood
28 Jun 2019

Jangan Anggap Sepele Menstruasi yang Nggak Teratur!

Girls, menstruasimu nggak teratur? Hati-hati lho, jangan sampai kamu anggap kondisi ini cuma masalah...
Adulthood
29 May 2019

Acupressure Bisa Mengurangi Gejala PMS Kamu, Lho!

Menjelang atau selama menstruasi memang menjadi masa ujian bagi setiap cewek karena adanya kram dan ...
Adulthood
04 Dec 2019

Kecil Bendanya, Besar Manfaatnya!

Girls, pasti kamu udah tau kan, apa itu pantyliner? Yap! Benda yang bentuknya mirip sama pembalut, t...