Pijat Perut Bisa Atasi Nyeri Menstruasi
ask dr laurier

Pijat Perut Bisa Atasi Nyeri Menstruasi

Pijat Perut Bisa Atasi Nyeri Menstruasi

03 Dec 2019

Pijat Perut Bisa Atasi Nyeri Menstruasi

Pas menjelang dan mengalami menstruasi, pasti kamu sering merasakan nyeri atau kram perut, kan? Kalau udah kayak gitu, bisa-bisa aktivitasmu jadi terganggu deh. Untungnya, sebuah penelitian yang dilakukan di Korea pada tahun 2005 menyatakan bahwa pijatan pada perut yang dilakukan enam sampai lima hari sebelum menstruasi ternyata bisa meredakan nyeri atau kram. Waktu yang diperlukan juga nggak lama kok, cuma lima menit aja setiap kali memijat, dan cuma perlu dilakukan tiap satu hari sekali.

Pijatan ini bakal melancarkan sirkulasi darah ke otot perut, sehingga mengurangi ketegangan, dan otomatis bisa meredakan rasa nyeri. Bahkan berdasarkan penelitian, kalau pijatan dilakukan dengan memakai minyak aromateraphy yang mengandung unsur pereda nyeri, seperti minyak lavender, hasilnya bakal lebih optimal. Cara melakukannya nggak ribet kok, jadi kamu juga bisa memijat diri sendiri. Gimana ya, caranya?

  • Taruh kedua telapak tangan di perut, dekat dengan pusar, kedua ibu jari dijadikan tumpuan di dekat pusar.

  • Gerakan kedua jari telunjuk, rapatkan kedua jari, yang posisinya berada di bawah pusar, lalu secara bersamaan kedua jari tersebut membuat gambar hati yang ujungnya berhenti di pusar.

  • Lalu gerakkan kedua jari telunjuk ke posisi awal, mengikuti arah bentuk hati itu.

  • Lakukan gerakan ini berulang-ulang selama satu menit.

  • Lakukan lagi pijatan dengan pola yang sama, tapi dengan ukuran bentuk hati yang lebih besar selama satu menit

  • Lakukan berulang sampai seluruh bagian perut terkena pijatan.

  • Hentikan pijatan setelah lima menit.

Kalau kamu takut waktunya berlebihan, kamu bisa kok, pakai timer yang ada di hp-mu supaya waktu pijatannya sesuai dengan yang seharusnya. Let’s try it, Girls!

Kamu punya cara lain untuk atasi nyeri menstruasi? Tulis di kolom komentar, yuk! Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman cewekmu ya, supaya mereka tau cara memijat perut pas lagi nyeri menstruasi!

Related Articles
Adulthood
04 Jun 2021

Lama Gak Menstruasi? Awas Amenorrhea! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Siklus menstruasi setiap orang memang berbeda-beda. Tapi ketika seorang wanita gak mengalami menstru...
Adulthood
14 Jun 2019

Boleh Nggak ya, Olahraga Pas Lagi PMS dan Menstruasi?

Olahraga adalah salah satu hal yang disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tapi sayangnya nih, ...
Adulthood
10 Oct 2019

Beda Kondisi, Beda Juga Penyebabnya!

“Kenapa sih, menstruasiku bisa telat dari siklus biasanya?” Kamu pasti sering berpikir s...