ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Pijat Perut Bisa Atasi Nyeri Menstruasi

Pijat Perut Bisa Atasi Nyeri Menstruasi

03 Dec 2019

Pijat Perut Bisa Atasi Nyeri Menstruasi

Pas menjelang dan mengalami menstruasi, pasti kamu sering merasakan nyeri atau kram perut, kan? Kalau udah kayak gitu, bisa-bisa aktivitasmu jadi terganggu deh. Untungnya, sebuah penelitian yang dilakukan di Korea pada tahun 2005 menyatakan bahwa pijatan pada perut yang dilakukan enam sampai lima hari sebelum menstruasi ternyata bisa meredakan nyeri atau kram. Waktu yang diperlukan juga nggak lama kok, cuma lima menit aja setiap kali memijat, dan cuma perlu dilakukan tiap satu hari sekali.

Pijatan ini bakal melancarkan sirkulasi darah ke otot perut, sehingga mengurangi ketegangan, dan otomatis bisa meredakan rasa nyeri. Bahkan berdasarkan penelitian, kalau pijatan dilakukan dengan memakai minyak aromateraphy yang mengandung unsur pereda nyeri, seperti minyak lavender, hasilnya bakal lebih optimal. Cara melakukannya nggak ribet kok, jadi kamu juga bisa memijat diri sendiri. Gimana ya, caranya?

  • Taruh kedua telapak tangan di perut, dekat dengan pusar, kedua ibu jari dijadikan tumpuan di dekat pusar.

  • Gerakan kedua jari telunjuk, rapatkan kedua jari, yang posisinya berada di bawah pusar, lalu secara bersamaan kedua jari tersebut membuat gambar hati yang ujungnya berhenti di pusar.

  • Lalu gerakkan kedua jari telunjuk ke posisi awal, mengikuti arah bentuk hati itu.

  • Lakukan gerakan ini berulang-ulang selama satu menit.

  • Lakukan lagi pijatan dengan pola yang sama, tapi dengan ukuran bentuk hati yang lebih besar selama satu menit

  • Lakukan berulang sampai seluruh bagian perut terkena pijatan.

  • Hentikan pijatan setelah lima menit.

Kalau kamu takut waktunya berlebihan, kamu bisa kok, pakai timer yang ada di hp-mu supaya waktu pijatannya sesuai dengan yang seharusnya. Let’s try it, Girls!

Kamu punya cara lain untuk atasi nyeri menstruasi? Tulis di kolom komentar, yuk! Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman cewekmu ya, supaya mereka tau cara memijat perut pas lagi nyeri menstruasi!

Related Articles

Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Muncul Bercak Setelah Menstruasi?

Kamu pernah nggak sih, Girls, mengeluarkan bercak-bercak setelah beberapa hari selesai menstruasi? K...
Adulthood
08 Oct 2019

Hati-hati, Alat Masak Bisa Pengaruhi Kesuburan!

Girls, buat kamu yang doyan masak, hati-hati ya! Karena alat masak yang kamu pakai bisa aja mengandu...
Adulthood
30 Sep 2019

Tips Buat Stabil Emosi yang Lagi Labil

Gejala PMS yang sering dikeluhkan para cewek adalah gampang kesal, tersinggung, dan marah. Betul ngg...