Perbedaan Usia yang Ideal untuk Menikah
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Perbedaan Usia yang Ideal untuk Menikah

Perbedaan Usia yang Ideal untuk Menikah

08 Oct 2019

Perbedaan Usia yang Ideal untuk Menikah

Girls, selektif dalam memilih pasangan itu memang perlu banget lho! Salah satunya yang harus diperhatikan untuk mencari pasangan adalah usia. Memang sih, kalau usia itu cuma sekadar angka. Tapi, ternyata usia juga berpengaruh dalam kesuburan lho. Laki-laki disarankan untuk berpasangan sama perempuan yang usianya enam tahun lebih muda, sedangkan perempuan disarankan untuk memilih laki-laki berusia empat tahun lebih tua. Hmm….kira-kira kenapa ya, bisa begitu?

Martine Fieder, antropolog dari Universitas Vienna, Swedia mendapatkan hasil tersebut dari penelitian yang dilakukannya menggunakan pendekatan evoluasi. Dia menemukan fakta bahwa manusia punya kecenderungan memilih pasangan berbeda usia. Hasil sementara yang didapatkan Martin adalah masyarakat lebih yakin kalau laki-laki memilih perempuan yang lebih muda untuk meningkatkan kemampuan reproduksi, sedangkan perempuan memilih laki-laki yang usianya lebih tua dengan alasan keamanan. Jadi, bukan hal aneh kalau kamu sering lihat pasangan yang usianya beda jauh, tapi tetap akur ya.

“Hasil penelitian tersebut mendorong kami melakukan penelitian lanjutan, untuk menggali kemungkinan lain yang mungkin ada dan berhubungan dengan pemahaman kesuburan para responden,” kata Martin, dilansir dari Royal Society’s Biology Letter.

Martin dan timnya dilaporkan berhasil mengumpulkan data dari pencatatan sipil Pemerintah Swedia untuk mengetahui jumlah anak dan usia orang tuanya selama kurun waktu 55 tahun terakhir. Ternyata, pasangan yang usianya berbeda cenderung punya anak lebih banyak. Tapi, para peneliti meyakini kalau masih perlu dilakukan penelitian lebih dalam dan nggak cuma bersifat statistik aja. “Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan penelitian lanjutan secara medis supaya hasil yang kami dapat bisa lebih akurat, ” kata Martin lagi.

So, buat kamu yang ingin punya anak setelah menikah, maka faktor usia penting untuk diperhatikan nih. Eits, tapi jangan sampai buat kamu terlalu selektif dan akhirnya mengabaikan faktor-faktor lainnya ya, Girls!

Kasih tau info ini ke teman-temanmu yuk, biar mereka tau perbedaan usia yang pas untuk  memilih pasangannya!

Related Articles

Adulthood
25 Jul 2019

Cuci Dulu atau Langsung Buang ya?

Kamu sering dengar mitos tentang pembalut yang dibuang sembarangan nggak, Girls? Katanya kalau pemba...
Adulthood
24 Jul 2019

Tips Memilih Underwear yang Tepat

Saat menstruasi, area vagina sering banget terasa lembap dan bikin nggak nyaman para cewek, apalagi ...
Adulthood
11 Jan 2021

Gerakan Yoga yang Patut Dicoba Biar Nyeri Haid Cepat Reda

 Salah satu masalah terbesar perempuan ketika menstruasi adalah nyeri haid. Nyeri haid yang mun...