Pemicu Gatal di Area Genital
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Pemicu Gatal di Area Genital

Pemicu Gatal di Area Genital

01 Nov 2019

Pemicu Gatal di Area Genital

Alih-alih membuat area genitalmu jadi harum, produk berpewangi ternyata bisa mengiritasi area kulit di sekitar vagina lho! Eits, tapi pewangi yang dimaksudkan itu bukan cuma berasal dari cairan pembersih vagina aja nih, Girls. Karena tanpa kamu sadari, banyak banget produk-produk berpewangi yang biasa kamu pakai, dan berpotensi menyebabkan gangguan serius di area kulit sekitar vagina. Apa aja ya?

  • Cairan pelembut pakaian dan kertas pewangi lemari

Jangan membilas celana dalam dengan cairan pelembut berpewangi, dan menyimpannya di dalam laci dengan alas kertas berpewangi. Kandungan pewangi dalam kedua materi tersebut akan menempel pada celana dalam, sehingga saat kamu memakainya akan menyebabkan kadar pH pada vaginamu jadi nggak seimbang. Nggak cuma itu aja, produk ini juga bisa memicu infeksi dan iritasi di area vaginamu.

  • Lotion

Krim pelembap kulit saat ini bisa dibuat dengan berbagai aroma, seperti aroma vanilla yang legit, sampai cherry atau jeruk yang segar. Nah, hal ini biasanya bikin kamu jadi ingin menggunakannya di seluruh tubuhmu. Tapi, pastikan kamu nggak menggunakannya di area kulit sekitar vagina, karena bisa menyebabkan gatal, dan iritasi.

  • Sabun

Karena ingin tubuh harum setelah mandi, biasanya kamu akan memilih sabun berpewangi yang sangat “kuat”. Iya kan? Tapi sama halnya seperti lotion, sabun juga bisa menyebabkan kulit di sekitar vagina teriritasi lho! Kalau vagina terlalu sering terpapar pewangi sabun, maka kecenderungan terjadinya infeksi ragi dan infeksi saluran kemih akan meningkat. So, pastikan kamu membersihkan kulit di sekitar vagina cuma dengan air bersih aja ya, Girls!

Nah, mulai sekarang sebaiknya kamu lebih jeli memastikan paparan pewangi dari benda-benda yang nggak terduga ke area vaginamu ya! Supaya miss V-mu bisa terhindar dari gangguan infeksi dan iritasi. Kalau terbebas dari gangguan-gangguan tersebut, kamu jadi bisa beraktivitas dengan nyaman deh! Be aware, Girls!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu ya, biar mereka juga lebih aware sama barang-barang yang mereka pakai di area miss V-nya!

Related Articles

Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Harus Ketombe sih?

Girls, kamu pasti tau ketombe, kan? Ketombe keliatan seperti serpihan putih, biasanya ada di area da...
Adulthood
14 Jun 2019

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Haid yang terlambat pasti bakalan bikin cemas, iya nggak sih, Girls? Apalagi kalau kamu nggak haid s...
Adulthood
16 Jul 2019

5 Trik Supaya Kamu Jauh dari PMS!

Setiap cewek pasti pengennya nggak mengalami PMS, benar kan, Girls? Apa untungnya sih, PMS itu? Nyer...