Ovulasi Dua Kali dalam Sebulan? Memang Bisa?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ovulasi Dua Kali dalam Sebulan? Memang Bisa?

Ovulasi Dua Kali dalam Sebulan? Memang Bisa?

02 Oct 2019

Ovulasi Dua Kali dalam Sebulan? Memang Bisa?

Girls, kamu udah tau belum sih, ternyata perempuan rata-rata mengalami siklus selama 28 hari untuk melepaskan sel telur yang udah matang lho. Kalau nggak dibuahi, sel telur akan ‘gugur’ dan terbuang dalam bentuk darah menstruasi. Tapi, sebuah penelitian berhasil menunjukkan bahwa perempuan bisa berovulasi lebih dari satu kali dalam sebulan, tanpa adanya tanda-tanda fisik yang jelas. Nah, bisa jadi inilah yang bikin KB sistem kalender sering banget meleset.

Penelitian yang dilakukan oleh tim Reproductive Biology Research Unit, University of Saskatchewan, Kanada ini udah resmi diakui dan dipublikasikan dalam Fertility and Sterility Journal. “Sepertinya kita harus menulis ulang text book kedokteran,” kata Dr. Roger Pierson, ketua tim peneliti itu.

Penelitian yang melibatkan 63 orang perempuan ini dilakukan dengan alat scan ultrasonic berkualitas tinggi, yang bisa melihat folikel secara jelas. Folikel adalah saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim. Saat sel telur matang melewati folikel, akan tertangkap gelombang ultrasonik yang amat jelas.

Lewat deteksi ovarium, 50 dari 63 orang tersebut mengalami siklus ovulasi yang normal. 40% dari 50 orang ini, diketahui folikelnya mengirim gelombang ultrasonik dua atau tiga kali sebulan, yang merupakan pertanda pelepasan sel telur. Pelepasan telur ini juga nggak disertai perubahan hormon yang berarti pada tubuh responden.

 “Selama ini kita berpikir bahwa siklus ovulasi adalah bagian dari siklus menstruasi. Tapi, penelitian ini menemukan bahwa nyatanya tidak seperti itu. Kedua siklus tersebut tepatnya digambarkan sebagai dua orang teman yang kadang saling bergandengan tangan, tapi kadang juga berlangsung sendiri-sendiri,” kata Dr. Roger. “Sayangnya, sampai saat ini kami tidak tahu persis apa penyebabnya. Bisa jadi karena pengaruh cuaca, kontak fisik dengan pria atau karena makanan,” jelasnya.

Sampai saat ini, Dr. Roger dan timnya masih terus melanjutkan penelitiannya untuk mengetahui apakah pola pelepasan sel telur tersebut konsisten pada bulan-bulan berikutnya atau nggak.

Wah, ternyata ada kemungkinan kamu bisa mengalami ovulasi lebih dari sekali dalam sebulan lho, Girls! Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu juga, supaya mereka bisa tau info penting ini!

Related Articles

Adulthood
01 Nov 2019

Jangan Tidur Siang Pas Lagi Menstruasi!

Kamu sering merasa ngantuk pas lagi menstruasi nggak, Girls? Kira-kira kenapa bisa begini ya? Saat k...
Adulthood
06 Nov 2020

Darah Menstruasi Sedikit. Wajar atau Enggak, Ya?

Menstruasi itu unik ya, Girls. Ada saja perubahan dan perbedaan dari setiap menstruasi kita, mulai d...
Adulthood
16 Sep 2019

Wortel dan Bit Atasi Menstruasi Tanpa Sakit

Girls, ternyata ada salah satu cara alami yang bisa kamu pakai untuk mengurangi nyeri menstruasimu l...