Olahraga Memperparah Endometriosis?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Olahraga Memperparah Endometriosis?

Olahraga Memperparah Endometriosis?

11 Sep 2019

Olahraga Memperparah Endometriosis?

Udah nggak aneh lagi kalau penderita endometriosis bakal mengeluhkan soal nyeri perut yang hebat. Kondisi ini cenderung bikin penderitanya jadi lebih berhati-hati memilih aktivitas dan nggak banyak bergerak. Tapi ternyata menurut para ahli, olahraga teratur malah bisa mengurangi nyeri endometriosis lho, Girls! Kok, bisa ya?

  • Pas lagi berolahraga, tubuhmu bakal memproduksi endorfin, sejenis hormon yang bertugas memberi rasa nyaman bagi tubuh, sehingga bisa mengurangi nyeri endometriosis.
  • Sirkulasi jadi lebih lancar setelah berolahraga, karena jantung bekerja optimal mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk otot. Sehingga otot menjadi lemas, dan lebih tahan terhadap ketegangan. Pastinya nyeri yang kamu rasakan juga bakal berkurang, Girls.
  • Olahraga teratur bisa menurunkan kadar estrogen di dalam tubuh, sehingga akan mengurangi rasa nyeri yang menjadi gejala utama endometriosis.

Ternyata hal yang orang-orang pikirkan itu salah ya, Girls! Justru olahraga bisa membuat tubuhmu jadi lebih nyaman dan mengurangi nyeri endometriosis. Fakta penting lain yang perlu kamu tau adalah, cuma butuh waktu minimal 10 menit setiap hari untuk berolahraga sampai tubuhmu berkeringat, Girls. Yuk, rajin olahraga mulai sekarang!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu ya, terutama mereka yang kena endometriosis, supaya mereka nggak ragu lagi untuk berolahraga!

Related Articles

Adulthood
09 Oct 2019

PMS Berat Bikin Tarik Urat

Kamu pasti udah paham banget tentang PMS kan, Girls? Biasanya PMS dialami seorang perempuan mulai da...
Adulthood
23 Oct 2019

3 Hal Penyebab Iritasi Miss V Makin Parah

Kamu pernah mengalami masalah dengan miss v yang baunya nggak sedap? Wah, kamu harus hati-hati menga...
Adulthood
04 Jun 2021

Telat Datang Bulan? Kenapa Ya? Hati-hati PCOS!

Hai girls, siapa yang terkadang memiliki masalah menstruasi tidak teratur? Eits, kamu gak sendirian ...