Nyeri Menstruasi Bakal Hilang Kalau Udah Nikah?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Nyeri Menstruasi Bakal Hilang Kalau Udah Nikah?

Nyeri Menstruasi Bakal Hilang Kalau Udah Nikah?

29 May 2019

Nyeri Menstruasi Bakal Hilang Kalau Udah Nikah?

Kalau mau menjelang atau pas lagi menstruasi, pasti kamu pernah merasakan nyeri perut atau kram, kan? Yap! Ini adalah salah satu keluhan yang sering banget dialami sama kebanyakan cewek. Ada yang parah banget sampai mengganggu aktivitasnya, tapi ada juga yang nggak merasakannya sama sekali. Nyeri menstruasi dirasakan pada perut bagian bawah, biasanya juga disertai mual, muntah, sakit kepala dan nyeri pinggang. Katanya sih, nyeri ini lama-lama bakalan berkurang seiring usia, malahan nggak bakal dirasakan lagi kalau kamu udah menikah. Hmm….benar nggak, ya?

Sebenarnya, nyeri menstruasi dipicu oleh ketegangan otot setelah berkontraksi sangat intens untuk mengeluarkan darah menstruasi dari rahim. Nyeri ini adalah kondisi yang wajar, karena akan terus terjadi setiap kali menstruasi.

Penelitian terbaru tentang nyeri menstruasi menjelaskan bahwa 72% cewek yang belum menikah bakal mengalaminya. Tapi, ternyata cuma 50% cewek yang mengalaminya. Kondisi yang sebenarnya adalah, nyeri menstruasi sangat dipengaruhi sama kelenturan otot rahim. Cewek yang udah nikah, biasanya pasti pernah hamil dan melahirkan. So, otot rahimnya udah mengalami perubahan kelenturan pas menjalani kehamilan dan proses persalinan. Jadi, nggak benar tuh, kalau nyeri menstruasi bakal hilang karena perubahan usia dan menikah, tapi sebenarnya karena kelenturan otot rahim dan perut!

Bukan berarti cewek yang belum nikah nggak bisa melatih kelenturan otot perut, lho. Kamu bisa coba untuk rajin berolahraga, terutama kalau gerakan-gerakannya emang untuk melatih kelenturan otot perut mu, maka nyeri menstruasi mu bisa aja diatasi. Nggak cuma itu, mengonsumsi obat pereda nyeri yang dibuat untuk mengatasi nyeri menstruasi adalah hal yang juga bisa kamu lakukan. Jadi, kamu bisa nyaman beraktivitas kayak biasa, deh!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, kalau nyeri menstruasi nggak ada hubungannya sama perubahan usia dan menikah. Kamu cukup jaga kesehatanmu dan rajin olahraga supaya nyeri menstruasi mu nggak makin parah. Simple kan, Girls?

Share artikel ini ke teman-teman cewekmu yuk, biar mereka bisa tau info yang benar tentang nyeri menstruasi!

Related Articles

Adulthood
03 Oct 2019

Stres Bisa Pengaruhi Kesuburan

Kiani Taylor, Ph.D dan teman-temannya, para ahli epidemiologi Ilmu Kesehatan dan Informasi dari Emor...
Adulthood
30 Aug 2019

pH Berubah, Penyakit Berbuah

Perempuan yang sering memerhatikan kesehatan reproduksi biasanya udah paham bahwa infeksi itu rentan...
Adulthood
24 Jul 2019

Tips Memilih Underwear yang Tepat

Saat menstruasi, area vagina sering banget terasa lembap dan bikin nggak nyaman para cewek, apalagi ...