Nyeri Hebat Udah Pasti Endometriosis? Belum Tentu lho!
ask dr laurier

Nyeri Hebat Udah Pasti Endometriosis? Belum Tentu lho!

Nyeri Hebat Udah Pasti Endometriosis? Belum Tentu lho!

06 Sep 2019

Nyeri Hebat Udah Pasti Endometriosis? Belum Tentu lho!

Girls, nyeri dan kram perut memang gejala umum yang dialami sama cewek menjelang atau pas lagi menstruasi. Saat nyeri terasa menyiksa banget, biasanya jadi dihubung-hubungkan sama kondisi endometriosis. Padahal ini belum tentu lho! Kenapa? Karena pada kondisi endometriosis, nyeri perut hebat itu cenderung disertai sama salah satu atau beberapa gejala di bawah ini:

  • Gangguan pencernaan

Sakit perut, konstipasi atau diare memang diketahui sebagai gejala terjadinya masalah pencernaan. Tapi kalau terjadi bersamaan dengan masa menstruasi yang disertai nyeri hebat, semua gejala ini bisa menandakan terjadinya endometriosis lho.

  • Nggak subur

Rencana pembuahan yang dilakukan setiap masa subur nggak terlihat hasilnya? Kalau rangkaian peristiwa ini cenderung disertai nyeri hebat selama masa menstruasi, sebaiknya langsung periksakan kondisimu ke dokter ya! Karena bisa jadi proses pembuahan terganggu sama endometriosis.

  • Sering buang air kecil

Tekanan endometriosis pada kandung kemih bisa menyebabkan rasa mau buang air kecil, karena kandung kemih terasa penuh. Kalau kondisi ini dialami dan disertai sama nyeri hebat pas menstruasi, sebaiknya kamu langsung memeriksakan diri ke dokter ya, Girls!

  • Gejala usus buntu

Nyeri dan kram yang hilang timbul di sisi kanan perut, identik sama infeksi usus buntu. Kalau rasa nyeri ini cuma dialami pas kamu lagi menstruasi, dan semakin hari semakin sakit, gejala ini harus kamu waspadai ya! Karena ini adalah salah satu indikasi dari endometriosis.

Hal yang paling penting untuk kamu ingat adalah, nyeri menstruasi yang normal ataupun sangat hebat, biasanya akan hilang setelah dua sampai tiga hari menstruasi. Tapi, kalau nyeri hebat yang kamu rasakan tetap bertahan sampai akhir menstruasimu, maka jangan takut untuk memastikan kondisimu ke dokter ya! Karena bisa jadi ini adalah awal dari gejala endometriosis. So, jangan sampai kamu terlambat dan semakin memperparah kondisi kesehatanmu, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa lebih aware sama nyeri menstruasi yang dirasakannya!

Related Articles
Adulthood
14 Jun 2019

Mitos dan Fakta Tentang Makanan yang Nggak Boleh Dikonsumsi Pas Menstruasi

Ternyata ada banyak banget daftar makanan dan minuman yang nggak boleh dikonsumsi selama menstruasi ...
Adulthood
05 Dec 2019

Penyebab Menorrhagia Itu Apa sih?

Di antara kamu pasti ada yang punya masalah pas menstruasi, seperti telat menstruasi, darah yang kel...
Adulthood
25 Jun 2019

Udah Berhenti, Tapi kok, Keluar Lagi?

Kamu pernah nggak sih, mengalami menstruasi yang tiba-tiba berhenti terus besoknya keluar lagi? Kena...