Niat Tepat Malah Jadi Telat
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Niat Tepat Malah Jadi Telat

Niat Tepat Malah Jadi Telat

14 Oct 2019

Niat Tepat Malah Jadi Telat

Menurut hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari the Victorian Assisted Reproductive Treatment Authority di Melbourne, yang dipimpin oleh Dr. Eugenie Prior, harapan orang dewasa muda untuk jadi orang tua, ternyata sama besarnya dengan cita-cita mereka menyelesaikan pendidikan, berkarier dan mencapai kemapanan finansial. Tapi sayangnya, nggak banyak yang paham kalau keinginan jadi orang tua relatif terbatas, dan perlu diupayakan karena secara biologis kesuburan manusia menurun setelah usia tertentu.

Penelitian ini dibuat dalam bentuk pengumpulan pendapat dengan metode online survei yang dilakukan terhadap orang dewasa muda yang berstatus mahasiswa. Pengumpulan data ini berhasil memperoleh sebanyak 1.251 responden. Setelah menganalisa semua data, ada dua hal penting yang ditekankan para peneliti, yaitu:

  • Nggak banyak yang menyadari kalau laki-laki juga bisa mengalami penurunan kesuburan setelah usia tertentu, sama seperti perempuan. Sebanyak 38% responden laki-laki dan 45% responden perempuan bisa mengetahui dengan tepat bahwa perempuan mengalami penurunan kemampuan reproduksi pada usia 35 – 39 tahun. Sebaliknya, cuma ada 18,3% responden laki-laki dan 16,9% responden perempuan yang bisa mengetahui kalau di usia 45 – 49 tahun laki-laki akan mengalami penurunan kemampuan reproduksi.
  • Kurang dari 10% responden nggak mau memiliki anak, selebihnya berencana memiliki anak. Bahkan 75% responden mau memiliki dua anak atau lebih. Para responden juga menginginkan hubungan yang stabil, lebih dari sekadar pasangan untuk berbagi tanggung jawab, dan berharap melakukannya saat sudah benar-benar siap dan matang kalau mau memiliki anak.

Hasil lain yang cenderung membuat kaget para peneliti adalah responden perempuan lebih memilih untuk menyelesaikan pendidikan, memiliki pekerjaan dan berkarier sambil menjadi ibu. Menurut Dr. Eugenie, sangat jelas bahwa para responden berharap bisa menjadi orang tua sesuai rencana mereka setelah selesai kuliah, bekerja dan siap secara finansial. Harapan ini cenderung nggak realistis kalau dilihat dari sisi usia dan kesehatan reproduksi lho, Girls.

Data yang diperoleh peneliti menemukan bahwa para responden perempuan, nggak cuma di Australia tapi seluruh dunia, akan mengalami kesulitan karena proses menyelesaikan kuliah, berkarier dan mencapai kematangan finansial, terjadi bersamaan dengan puncak periode subur mereka. Tapi sayangnya, hal ini cenderung nggak disadari sama para perempuan nih.

Siapa sih, yang nggak mau mapan pas udah jadi orang tua? Pasti semua orang mau kan? Hmm….tapi sebaiknya kamu pikir-pikir lagi deh, Girls. Kemapanan itu juga bisa kamu dapatkan setelah jadi orang tua lho! Asal semua yang kamu rencanakan dilakukan dengan benar, dan berjalan dengan baik, pasti bakal terwujud kok! Dibanding kamu nunggu mapan dulu, terus baru mau jadi orang tua, dan ujung-ujungnya malah telat, duh….nyesel deh! So, mulai sekarang mending pikir baik-baik rencanamu di masa depan ya, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yang lain yuk, supaya mereka juga bisa baca tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
18 Oct 2019

Tips Biar Kamu Tetap Semangat Saat Menstruasi!

PMS yang dialami setiap perempuan itu beda-beda lho, Girls. Sebagian mengalami nyeri perut atau kram...
Adulthood
18 Jul 2019

Susah BAB Pas Menstruasi? Ini Solusinya!

Girls, ternyata makanan yang tepat dan pola hidup yang baik bisa mengatasi susah BAB pas menstruasi,...
Adulthood
14 Jun 2019

Yuk, Makan Cokelat Pas Lagi PMS!

Ada kabar yang pastinya bakal bikin kamu gembiraaaa banget! Apa ya? Para ahli nutrisi memastikan kal...