Mitos dan Fakta Tentang Makanan yang Nggak Boleh Dikonsumsi Pas Menstruasi
ask dr laurier

Mitos dan Fakta Tentang Makanan yang Nggak Boleh Dikonsumsi Pas Menstruasi

Mitos dan Fakta Tentang Makanan yang Nggak Boleh Dikonsumsi Pas Menstruasi

14 Jun 2019

Mitos dan Fakta Tentang Makanan yang Nggak Boleh Dikonsumsi Pas Menstruasi

Ternyata ada banyak banget daftar makanan dan minuman yang nggak boleh dikonsumsi selama menstruasi lho, Girls! Hmm….kira-kira benar atau nggak, ya? Coba cari tau faktanya, yuk!

  • Es atau air dingin

Larangan minum es atau air dingin pas lagi menstruasi muncul karena es atau air dingin diketahui bisa bikin zat cair jadi beku. Kalau kamu minum es atau air dingin, takutnya darah menstruasimu bakalan membeku dan berhenti mengalir. Ini benar nggak, ya? Eits, ternyata larangan ini nggak benar lho, Girls! Suhu makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh pastinya bakalan diubah sesuai sama suhu tubuh, jadi nggak ada makanan atau minuman yang bisa membekukan atau membakar sesuatu di dalam tubuhmu.

  • Makanan pedas

Larangan mengonsumsi makanan pedas pas lagi menstruasi juga termasuk MITOS. Kalau kamu lagi menstruasi, terus pengen makanan pedas, boleh aja kok! Tapi sebaiknya jangan berlebihan, ya! Karena mengonsumsi banyak makanan pedas bisa memicu kontraksi otot pencernaan. Kalau hal ini terjadi bersamaan dengan kontraksi otot organ reproduksi yang juga sangat intens, malahan bisa memicu kram perut.

  • Ketimun

Buah sayur ini dilarang pas lagi menstruasi, karena getahnya dianggap bisa menyebabkan pengentalan darah, dan memperlambat proses menstruasi. Ternyata hal ini nggak benar, lho! Ketimun justru mengandung banyak cairan yang dibutuhkan banget sama tubuh pas lagi menstruasi. Jadi, boleh aja kok, kalau kamu mau mengonsumsi ketimun pas lagi menstruasi.

  • Nanas

Dilarang mengonsumsi nanas karena bakal bikin sakit perut yang luar biasa, itu cuma MITOS, Girls! Nanas mengandung mangan, yang bisa membantu tubuh mengendalikan aliran darah menstruasi supaya nggak terlalu banyak. Nggak cuma itu aja, nanas juga mengandung bromelain, yaitu enzim yang bisa merelaksasi otot. Jadi kamu nggak bakalan mengalami kram pas lagi menstruasi.

  • Kafein

Anjuran untuk nggak mengonsumsi kafein pas lagi menstruasi itu benar. Saat menstruasi, di dalam tubuhmu sedang banyak darah, tapi makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi justru bakal memicu penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini bisa bikin kamu jadi merasa nyeri dan kram. Oh iya Girls, minuman yang mengandung kafein bukan cuma kopi aja lho, tapi minuman berkarbonasi juga mengandung kafein.

Hal penting yang harus kamu ingat, makanan dan minuman masuk ke dalam tubuhmu lewat saluran pencernaan. Nah, sedangkan menstruasi itu diatur di saluran reproduksi. Jadi, keduanya nggak bakal bisa saling memengaruhi secara langsung. So, kamu nggak perlu khawatir lagi deh, kalau mau makan dan minum ini itu pas lagi menstruasi! Tapi kamu harus ingat, jangan sampai berlebihan ya, Girls!

Kamu punya mitos lain tentang makanan dan minuman yang nggak boleh pas lagi menstruasi? Tulis yuk, di kolom komentar! Jangan lupa juga share info ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka nggak perlu worry lagi deh!

Related Articles
Adulthood
20 Jun 2019

Olahraga Bisa Mengganggu Siklus Menstruasi? Kata Siapa?

Girls, tubuh yang aktif banget bergerak ternyata cenderung kehilangan banyak lemak dan unsur nutrisi...
Adulthood
04 Oct 2019

Cerita Pendek Tentang Keputihan

Kamu pasti sering dengar kata “keputihan” kan, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, keputihan...
Adulthood
10 Dec 2019

PMS Berat Buat Teman Tak Mau Mendekat

Girls, ada info penting buat kamu nih! Para ahli ternyata udah memastikan kalau PMS berat yang diala...