Misteri Siklus Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Misteri Siklus Menstruasi

Misteri Siklus Menstruasi

23 Sep 2019

Misteri Siklus Menstruasi

Kamu pasti udah tau banget kan, kalau menstruasi seorang cewek bakal teratur setelah mengalami masa puber? Nah, keteraturan menstruasi yang berulang ini, sebenarnya bagian dari siklus yang terjadi dalam sistem reproduksimu lho, Girls. Mengalami menstruasi dalam siklus yang teratur adalah tanda penting kalau sistem reproduksimu itu sehat.

Sekalipun berbagai penjelasan berpatokan bahwa rata-rata siklus menstruasi cewek adalah 28 hari, yang berarti rata-rata cewek mengalami menstruasi setiap 28 hari, tapi karena setiap cewek itu unik, maka ada yang mengalami menstruasi berdasarkan siklus yang lebih panjang, ataupun lebih pendek dibanding siklus rata-rata 28 hari tersebut.

Berdasarkan pengamatan, siklus yang paling pendek bisa dialami setiap 15 hari, dan siklus paling panjang terjadi 45 hari sekali. Tapi, hal itu sangat ekstrem. Lho, kenapa? Karena biasanya siklus pendek berulang setiap 21 hari dan siklus panjang berulang 35 hari sekali.

Cara yang benar untuk tau siklus menstruasimu adalah hitung jumlah hari dari hari pertama menstruasimu sampai hari pertama menstruasi selanjutnya. Biasanya data yang dipakai adalah data menstruasi dari dua bulan lalu. Misalnya, kalau sekarang bulan November, makadata menstruasi yang dipakai adalah hari pertama menstruasimu di bulan September, sampai hari pertama menstruasi di bulan Oktober.

Contohnya, kalau hari pertama menstruasimu di bulan September jatuh pada tanggal 3, dan hari pertama menstruasimu di bulan Oktober adalah tanggal 7. Maka, jumlah hari dari tanggal 3 September sampai 7 Oktober adalah 35 hari. Berarti menstruasimu akan terjadi setiap 35 hari. Bisa diperhitungkan bahwa di bulan November menstruasi hari pertamamu adalah 10 November.

Dari hari terakhir menstruasimu, sistem reproduksimu bakal langsung mempersiapkan ovulasi atau dikenal sebagai masa subur. Masa subur tiap cewek juga beda-beda tergantung panjang siklus menstruasinya, Girls.

Kalau siklus menstruasimu lebih pendek atau sama dengan 30 hari, maka masa suburmu akan berlangsung pada hari ke-12 sampai ke-14, terhitung dari hari pertama menstruasimu. Tapi, kalau siklus menstruasimu lebih dari 30 hari, maka kamu akan mengalami masa subur pada hari ke-14 sampai ke-16.

Pada proses persiapan masa subur ini indung telur mulai mematangkan sel telur, dan dinding dalam rahim juga udah mulai menebal. Proses penebalan dinding rahim ini untuk tempat menempelnya janin kalau terjadi pembuahan. Lapisan dinding rahim mengandung banyak pembuluh darah dan nutrisi.

Sesuai siklus menstruasi setiap cewek, pada hari pertama masa subur, sel telur yang udah matang akan dilepaskan sama indung telur. Sel telur ini akan menuju tuba falopii, lalu ke rahim. Kalau ada sperma yang berhasil membuahi sel telur saat ini, maka sel telur tersebut akan menempel pada lapisan dinding rahim yang udah menebal, dan mengandung banyak nutrisi untuk nantinya berkembang menjadi embrio.

Selama embrio berkembang menjadi janin, nggak ada lagi sel telur matang yang akan dilepaskan oleh indung telur. Hal ini berlangsung sampai bayi siap dilahirkan. Tapi, kalau sel telur nggak dibuahi, maka sel telur akan sampai ke rahim, lalu mengalami proses peluruhan bersama lapisan dinding dalam rahim yang udah menebal tersebut, dan dikeluarkan oleh tubuh. Nah, inilah yang disebut sebagai menstruasi, Girls!

So, semua ini proses yang bakal kamu alami sepanjang siklus menstruasi. Nggak bakal ada misteri sama sekali, kalau kamu bisa menghitung siklusmu dengan tepat, Girls! Makanya, jangan lupa untuk menghitung siklus menstruasimu mulai dari sekarang ya! Kamu bisa tandai kalendermu, atau biar nggak ribet kamu juga bisa download aplikasi Menstrual Diary dari Laurier. Simple and easy, right?!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga bisa tau proses apa aja yang dialaminya selama siklus menstruasi!

Related Articles

Adulthood
28 Mar 2019

Mempersiapkan Pap Smear

Sekalipun bukan lagi satu-satunya tes untuk memastikan kondisi kesehatan serviks, tetapi pap smear a...
Adulthood
26 Jan 2020

Aku Pede Nggak sih?

Girls, kamu udah merasa percaya diri belum sama kondisimu yang terlihat ataupun nggak sekarang ini? ...
Adulthood
19 Oct 2021

Ini Bahaya Hamil di Luar Kandungan!

Apakah kamu pernah mendengar istilah hamil di luar kandungan? Nah kondisi ini disebut juga dengan ha...