Menstruasiku Telat Atau Nggak ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasiku Telat Atau Nggak ya?

Menstruasiku Telat Atau Nggak ya?

11 Jul 2019

Menstruasiku Telat Atau Nggak ya?

Girls, kamu pasti tau kan, kalau cewek yang udah mengalami menarche, pasti nantinya bakal mengalami menstruasi secara terus menerus dari satu menstruasi ke menstruasi selanjutnya. Nah, pengulangan ini dikenal dengan nama siklus. Kamu tau nggak, kalau kamu bisa menghitung siklus ini sendiri lho, supaya bisa memastikan kapan menstruasimu selanjutnya bakal datang. Jadi, kamu bisa siap-siap dan nggak bakal mengalami “kecelakaan”.

Tapi gimana ya, cara menghitungnya? Misalnya, kamu mulai menstruasi tanggal 3 Agustus. Maka untuk mengetahui siklusnya, kamu harus tau kapan hari pertama menstruasimu yang sebelumnya terjadi. Kalau kamu sebelumnya mengalami menstruasi pada tanggal 30 Juni, berarti kamu tinggal menghitung jarak dari tanggal 30 Juni sampai 3 Agustus. Jarak harinya adalah 34 hari. Itu berarti, normalnya kamu bakal mengalami menstruasi setiap 34 hari. Simple kan?

Kamu heran kenapa bulan Juli nggak menstruasi sama sekali? Nggak perlu cemas, Girls! Menstruasi emang nggak selalu terjadi setiap bulan kok, melainkan sesuai sama siklus itu. Berdasarkan data medis, menstruasi yang paling pendek bisa berulang setiap 21 hari, dan yang paling panjang berulang setiap 35 hari.

Jadi, kalau ada temanmu yang merasa menstruasinya sering telat, kamu bisa memberitahunya cara menghitung siklus menstruasinya. Tapi, hitungan siklus ini bakal akurat kalau kamu tau tanggal berapa hari pertama setiap menstruasimu. Makanya, jangan lupa untuk membuat catatan mulai dari sekarang ya, Girls! Supaya kamu bisa memantau siklus menstruasimu dengan benar!

Tapi kalau kamu nggak mau repot, kamu bisa kok, pakai aplikasi Menstrual Diary dari Laurier! Kamu cukup sekali memasukkan data, terus nantinya kamu bakal selalu diingatkan kapan aja hari-hari menstruasimu. Praktis kan, Girls? Yuk, buruan download mulai sekarang!

Jangan lupa share info ini ke teman-teman cewekmu ya, supaya mereka juga bisa menghitung siklus menstruasinya sendiri!

Related Articles

Adulthood
18 Jul 2019

Stop Diet Ketat!

Girls, pasti kamu udah tau kan, kalau diet ketat adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan...
Adulthood
21 Jun 2019

Apa Itu Klamidia?

Girls, kamu pernah dengar tentang klamidia nggak? Klamidia adalah penyakit menular seksual yang dita...
Adulthood
03 Dec 2019

9 Jenis Cairan Vagina yang Perlu Kamu Tau!

Kamu pasti sering melihat cairan yang keluar dari organ intimmu kan, Girls? Kira-kira itu cairan apa...