Menstruasi yang Nggak Teratur Perlu Diobati Nggak sih?
ask dr laurier

Menstruasi yang Nggak Teratur Perlu Diobati Nggak sih?

Menstruasi yang Nggak Teratur Perlu Diobati Nggak sih?

10 Jul 2019

Menstruasi yang Nggak Teratur Perlu Diobati Nggak sih?

Kamu sering merasa deg-degan pas lagi nunggu menstruasi, karena jadwalnya nggak teratur? Kamu pasti bakal merasa makin worried pas dengar cerita kalau teman-temanmu menstruasinya teratur. Apalagi kalau menstruasimu tiba-tiba datang dan kamu nggak ada persiapan pembalut atau pantyliner, pasti bisa berisiko “tembus” dan bikin kamu jadi nggak nyaman. Abis itu mulai deh, kepikiran yang aneh-aneh, iya kan?

Wajar banget kok, kalau hal itu kamu alami dan bikin cemas. Tapi kamu tau nggak, kalau tubuh cewek perlu waktu minimal dua tahun – sejak menstruasi pertama (menarche) – untuk mengatur siklus menstruasi supaya berulang dalam waktu yang tetap? Hmm….kenapa ya?

Di usia remaja, tubuhmu masih mengalami proses pertumbuhan fisik yang dikenal sebagai masa puber. Seluruh sistem tubuh masih mengalami proses penyempurnaan, termasuk sistem reproduksi yang mengatur siklus menstruasimu. Pada periode ini, sistem reproduksi, belum mampu menghasilkan kadar hormon yang seimbang, jadi belum bisa mengatur menstruasi secara teratur.

Seiring proses pertumbuhan fisik cewek yang berakhir di usia 20 tahun, secara otomatis kondisi ini pasti bakal teratasi. Pas kadar hormon mulai diproduksi secara seimbang, pasti menstruasi juga bakal jadi teratur. So, kamu nggak perlu worried lagi deh, Girls!

Nah, kalau sampai sekarang menstruasimu masih belum teratur, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk persiapan supaya nggak terjadi “kecelakaan”!

  • Pakai pantyliner. Kalau menstruasimu datang tiba-tiba, kamu akan terhindar dari risiko tembus.
  • Ganti pantyliner minimal empat jam sekali dan jangan pakai dimalam hari.
  • Selalu sedia pembalut di dalam tas kemanapun kamu pergi.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, kenapa menstruasimu kadang nggak teratur? Selama kamu masih dalam usia remaja, menstruasi yang nggak teratur itu hal yang wajar kok, Girls, karena tubuhmu masih dalam masa puber. Tapi, kalau menstruasimu nggak datang selama tiga siklus berturut-turut, lebih baik segera beritahu mama dan minta diantar ke dokter, supaya kamu tau lebih jelas tentang kondisimu. Karena kondisi ini bisa aja menandakan adanya gangguan yang perlu ditangani dengan obat-obatan.

Kamu cukup memastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu dengan baik, rajin olahraga, hindari stres, dan istirahat yang cukup supaya siklus menstruasimu tetap teratur. Nggak cuma itu aja, kamu juga bakal tetap sehat selama menstruasi lho, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles
Adulthood
13 Oct 2013

Ternyata IUD Dapat Mengurangi Risiko Kanker Serviks, Lho!

     Setelah berita meninggalnya public figure Indonesia karena penyakit kanker servi...
Adulthood
14 Jun 2019

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Haid yang terlambat pasti bakalan bikin cemas, iya nggak sih, Girls? Apalagi kalau kamu nggak haid s...
Adulthood
26 Jan 2022

Benar Gak Sih Malam Pertama Selalu Berdarah?

Bagi pasangan yang baru menikah, malam pertama emang bikin deg-degan. Apalagi kalau kamu sering deng...