ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Telat Sehabis Bepergian Jauh. Kenapa Ya?

Menstruasi Telat Sehabis Bepergian Jauh. Kenapa Ya?

24 May 2024

Menstruasi Telat Sehabis Bepergian Jauh. Kenapa Ya?

Kenapa ya kalau habis bepergian ke tempat yang jauh menstruasi suka telat datangnya? Pernah kepikiran hal yang sama, Girls? Nah, tahukah kamu, kalau ternyata melakukan perjalanan jauh seperti liburan, misalnya, maka bisa memengaruhi siklus menstruasi, lho. Kok bisa, ya? Cari tahu penjelasan lengkapnya di artikel ini, yuk!

Penyebab Menstruasi Telat

Ritme circadian berubah

Tubuh mempunyai jam biologis yang biasanya dipengaruhi oleh cahaya matahari. Nah, jam biologis ini kerap dinamakan ritme circadian. Ketika melakukan perjalanan jauh yang memakan waktu lama, maka ritme circadian ini ikut berubah karena tubuh harus menyesuaikan dengan zona waktu setempat atau biasa disebut jetlag.

Asisten Profesor Ginekologi dan Kebidanan di Johns Hopkins University School of Medicine, Carla Bossano mengungkapkan pada Self.com, ritme circadian ini juga dapat memengaruhi fluktuasi hormon di dalam tubuh, lho. Terjadinya fluktuasi hormon ini bisa menyebabkan siklus menstruasi berubah.

Alhasil, ketika bepergian jauh, menstruasi yang sudah kamu perkirakan tanggalnya bisa meleset beberapa hari.

Baca Juga: Traveling Nyaman, Nggak Bikin Pusing

Merasa stres dan cemas

Bepergian memang menyenangkan bahkan dapat membantu menghilangkan stres. Namun, ada kalanya, bepergian  justru malah dapat meningkatkan stres dan cemas akibat perjalanan yang dilakukan tidak sesuai dengan ekspektasi. Misalnya saja, perjalanan macet, terjadi delay, dan sebagainya.

Kondisi stres dan cemas yang dirasakan ini dapat memengaruhi pusat pengendali hormon pengatur siklus menstruasi atau dikenal dengan hipotalamus otak. Efeknya, menyebabkan hormon ovulasi jadi terhambat dan membuat siklus menstruasi pun jadi terlambat dari waktu yang seharusnya.

Untuk itu, supaya tidak mengalami stres dan cemas pada saat bepergian, sebaiknya kamu membuat rencana perjalanan dengan matang.

Banyak aktivitas yang dilakukan

Ketika bepergian, mungkin saja kamu melakukan lebih banyak aktivitas daripada hari biasanya. Misalnya, menjelajahi tempat-tempat baru, berjalan-jalan sepanjang hari, dan sebagainya. Aktivitas yang dilakukan ini ternyata bisa mengganggu keseimbangan hormon di tubuh, lho, sehingga menyebabkan menstruasi jadi tidak teratur.

Sebaiknya, memilih aktivitas yang ringan tapi tetap menyenangkan supaya hormon di dalam tubuhmu tidak terganggu, ya. Selain itu, usahakan untuk tetap beraktivitas selama di perjalanan. Soalnya, kurang aktivitas juga bisa memperlambat metabolisme dan memengaruhi hormon di tubuhmu, lho.

Liburan pun akan terasa semakin mengesankan dan kamu juga bisa menjelajahi berbagai tempat sepuasnya.

Related Articles

Adulthood
22 Oct 2019

Makin Rutin, Makin Efektif

Kamu pasti sering dengar tentang kanker serviks kan, Girls? Kanker serviks sampai saat ini dianggap ...
Adulthood
29 May 2018

Jangan Anggap Sepele Siklus Menstruasimu!

Menstruasi yang nggak teratur di usia remaja itu emang termasuk hal yang umum dan normal. Tapi, kala...
Adulthood
06 Sep 2019

Nyeri Hebat Udah Pasti Endometriosis? Belum Tentu lho!

Girls, nyeri dan kram perut memang gejala umum yang dialami sama cewek menjelang atau pas lagi menst...